Pengembangan Model anti Perundungan melalui Pendekatan Komunikasi Terapeutik pada Guru di Banjarmasin

Authors

  • Wahyu Asnuriyati Diploma III Keperawatan, Politeknik Kesdam VI Banjarmasin
  • Indrayadi Indrayadi Politeknik Kesdam VI Banjarmasin
  • Fajar Yuda Nugraha Politeknik Kesdam VI Banjarmasin
  • Akhmad Farhan Wafa Politeknik Kesdam VI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.51415

Abstract

Perundungan merupakan bentuk kekerasan antar teman sebaya yang berdampak serius terhadap kesejahteraan psikologis, sosial, dan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model intervensi anti perundungan dengan pendekatan komunikasi terapeutik dalam menurunkan perilaku perundungan pada siswa sekolah menengah pertama di Kota Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan quasi-experimental dengan desain pretest-posttest control group. Lokasi penelitian terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Banjarmasin Tengah sebagai kelompok perlakuan dan Banjarmasin Barat sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian berjumlah 22.363 siswa, dengan jumlah sampel 200 responden yang dipilih menggunakan rumus Fleiss dan dibagi secara seimbang antara kelompok perlakuan (n=100) dan kelompok kontrol (n=100). Intervensi diberikan kepada guru pada kelompok perlakuan melalui pelatihan model komunikasi terapeutik, yang kemudian diterapkan kepada siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ), dan analisis menggunakan uji t berpasangan (paired t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi dengan nilai t = 6,983; p = 0,000 (p < 0,05), yang menandakan bahwa intervensi komunikasi terapeutik efektif dalam menurunkan perilaku perundungan. Temuan ini memperkuat pentingnya pendekatan komunikasi terapeutik sebagai strategi preventif dan promotif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan suportif bagi siswa.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Wahyu Asnuriyati, Indrayadi, I., Nugraha, F. Y., & Wafa, A. F. (2025). Pengembangan Model anti Perundungan melalui Pendekatan Komunikasi Terapeutik pada Guru di Banjarmasin. Jurnal Ners, 10(1), 216–221. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.51415

Issue

Section

Articles