Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Status Gizi pada Anak Usia Pra Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50814Abstract
Masalah gizi pada anak usia pra-sekolah masih menjadi perhatian penting, mengingat periode ini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Faktor pengetahuan orang tua, khususnya ibu, berperan besar dalam menentukan status gizi anak melalui pemilihan makanan, pola asuh, dan praktik pemberian makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan Ibudengan status gizi pada anak usia pra-sekolah di PAUD Putri Nasyiah, Jakarta Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 28 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengukur pengetahuan orang tua, sedangkan status gizi anak diukur menggunakan lembar observasi berdasarkan hasil pengukuran antropometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Ibumemiliki pengetahuan baik (78,6%) dan mayoritas anak berada pada status gizi baik (89,3%). Uji Chi-Square (Fisher’s Exact Test) menghasilkan nilai p = 0,006 (< 0,05), yang menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan Ibudengan status gizi anak usia pra-sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan pengetahuan gizi Ibumerupakan salah satu strategi penting dalam upaya pencegahan masalah gizi pada anak.Downloads
Published
2025-10-31
How to Cite
Novika, I., Aulia, T., Utami, S. D., Susanti, E., Alifah, K., Sari, Y. J., … Sutini, T. (2025). Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Status Gizi pada Anak Usia Pra Sekolah . Jurnal Ners, 9(4), 7782–7790. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50814
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






