Analisis Open Coding, Axial Coding, dan Selective Coding dalam Eksplorasi Kebutuhan Informasi Digital untuk Mendukung Pengasuhan Anak Down Syndrome
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50443Abstract
Perkembangan teknologi digital membuka peluang baru dalam mendukung pengasuhan anak dengan Down Syndrome (DS) melalui penyediaan informasi yang lebih mudah diakses, relevan, dan terverifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan informasi digital orang tua anak DS, platform digital yang dipilih, serta fitur yang diharapkan dalam mendukung pengasuhan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan tiga informan kunci yang berpengalaman dalam memberikan layanan kesehatan bagi anak DS. Data dianalisis dengan tahapan open coding, axial coding, dan selective coding untuk mengidentifikasi tema, kategori, dan konsep inti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua membutuhkan informasi terkait terapi harian, edukasi medis, milestone perkembangan anak, serta konten visual edukatif yang tervalidasi oleh tenaga ahli. Platform digital yang paling disukai adalah WhatsApp Group dan YouTube karena kemudahan akses dan dukungan komunitas, meskipun masih terdapat keterbatasan aplikasi khusus DS di Indonesia. Fitur yang diharapkan mencakup personalisasi konten berdasarkan usia anak, video tutorial terapi, forum diskusi dengan pakar, jurnal perkembangan, serta validasi konten oleh tenaga profesional dengan bahasa yang sederhana dan inklusif. Simpulan penelitian ini menegaskan perlunya pengembangan platform digital yang responsif, terjangkau, dan ramah pengguna untuk meningkatkan kualitas pengasuhan anak dengan DS.Downloads
Published
2025-10-31
How to Cite
Masdah, S., Meilantika, A. D., Nurbaiti, N., & Salsabila, N. (2025). Analisis Open Coding, Axial Coding, dan Selective Coding dalam Eksplorasi Kebutuhan Informasi Digital untuk Mendukung Pengasuhan Anak Down Syndrome. Jurnal Ners, 9(4), 7492–7502. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50443
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






