Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap (Studi Di RSUD Taman Husada Kota Bontang Kalimantan Timur)”
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50384Abstract
Rumah sakit merupakan pilar utama dalam sistem pelayanan kesehatan di seluruh dunia. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh instalasi rawat inap. Kepuasan pasien menjadi aspek kritis dalam evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya dalam instalasi rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang kualitas layanan, kepuasan pasien, dan loyalitas Pasien di RSUD Taman Husada Kota Bontang Kalimantan Timur. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, analisis koefiesien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan analisis deskriptif terhadap kualitas pelayanan, kepuasan pasien dan loyalitas pasien di Rumah Sakit Taman Husada Kota Bontang Kalimantan Timur cukup baik namun dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada item yang masih rendah. Kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien. Kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien. Kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien secara langsung. kualitas layanan dan Kepuasan Pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien secara simultan. Koefisien determinasi menunjukkan kontribusi yang moderat hingga kuat. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien dan LoyalitasDownloads
Published
2025-10-24
How to Cite
Utari, I. A. L. A., Kosasih, K., & Asnar, E. S. M. (2025). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap (Studi Di RSUD Taman Husada Kota Bontang Kalimantan Timur)” . Jurnal Ners, 9(4), 6887–6896. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50384
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






