Efektivitas Aplikasi Edukasix (Edukasi Asi Eksklusif) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model dalam Pelaksanaan Asi Eksklusif di Puskesmas Cilandak Jakarta Tahun 2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50172Abstract
EdukASIX merupakan sebuah inovasi teknologi berbasis android yang bertujuan membantu para ibu pejuang ASI Eksklusif dalam mendapatkan pengetahuan mengenai ASI Eksklusif yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas aplikasi EdukASIX dibandingkan media powerpoint dalam mendukung pelaksanaan ASI eksklusif berdasarkan kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi-experimental nonequivalent control group design. Populasi terjangkau penelitian ini sebanyak 76 ibu menyusui. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen (menggunakan EduASIX) dan kelompok kontrol (media PPT). Analisis data menggunakan uji Independent T-Test dan N Gain melalui SPSS. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa sebagian besar responden pada kelompok intervensi dan kontrol berada pada usia tidak berisiko (78,9% dan 73,7%), berpendidikan SMA (65,8% dan 60,5%), serta memiliki paritas multigravida (76,3% dan 78,9%). Berdasarkan persepsi responden terhadap aplikasi EdukASIX, seluruh responden pada kelompok intervensi (100%) menilai baik pada aspek kemudahan, kemanfaatan, minat perilaku, dan penggunaan nyata, sedangkan pada kelompok kontrol terdapat sebagian responden yang menilai cukup (10,5–36,8%). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara aplikasi EdukASIX dan media powerpoint pada semua aspek (p = 0,000; α < 0,05), baik dari segi kemudahan, kemanfaatan, minat perilaku, maupun penggunaan nyata. Analisis multivariat dengan regresi logistik menunjukkan bahwa variabel kemudahan merupakan faktor paling dominan yang memengaruhi pelaksanaan ASI eksklusif (B = 0,341; p = 0,005), diikuti oleh kemanfaatan (B = 0,307; p = 0,018) dan minat perilaku (B = 0,391; p = 0,030). Sementara itu, variabel penggunaan nyata tidak berpengaruh signifikan (B = 0,755; p = 0,755). Simpulan : Aplikasi EdukASIX efektif dalam pelaksanaan ASI Eksklusif pada aspek kemudahan, kemanfaatan, minat prilaku, pengguna nyata.Downloads
Published
2025-10-31
How to Cite
Herlina, Z., Septiani, L., & Anwar, R. (2025). Efektivitas Aplikasi Edukasix (Edukasi Asi Eksklusif) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model dalam Pelaksanaan Asi Eksklusif di Puskesmas Cilandak Jakarta Tahun 2025. Jurnal Ners, 9(4), 7515–7523. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50172
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






