Gambaran Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dan Tidak Bekerja Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun di Tk Nurul Iman Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50148Abstract
Perkembangan kognitif anak usia dini sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Status orang tua yang bekerja maupun tidak bekerja dapat memengaruhi kualitas pengasuhan, yang pada akhirnya berdampak pada perkembangan anak. Tujuan: Mengetahui gambaran pola asuh orang tua yang bekerja dan tidak bekerja terhadap perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun di TK Nurul Iman Kota Bekasi. Metode Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif cross sectional. Sampel sebanyak 20 responden menggunakan purposive sampling. Instrumen berupa kuesioner pola asuh dan lembar observasi perkembangan kognitif. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (uji chi-square). Mayoritas orang tua yang bekerja menerapkan pola asuh demokratis (50%), sedangkan orang tua yang tidak bekerja cenderung permisif (20%). Sebagian besar anak memiliki perkembangan kognitif kategori mampu (70%). Uji chi-square menunjukkan hubungan bermakna antara pola asuh dan status pekerjaan dengan perkembangan kognitif anak (p = 0,032).Kesimpulan: Pola asuh orang tua yang bekerja maupun tidak bekerja berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Disarankan orang tua lebih memperhatikan pola asuh yang diterapkan agar perkembangan anak optimal.Downloads
Published
2025-10-31
How to Cite
Futriani, E. S., & Prajati, S. D. N. (2025). Gambaran Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dan Tidak Bekerja Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun di Tk Nurul Iman Kota Bekasi. Jurnal Ners, 9(4), 7979–7993. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50148
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






