Gambaran Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dan Tidak Bekerja Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun di Tk Nurul Iman Kota Bekasi

Authors

  • Elfira Sri Futriani STIKes Abdi Nusantara
  • Septiana Dwi Nur Prajati STIKes Abdi Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50148

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Status orang tua yang bekerja maupun tidak bekerja dapat memengaruhi kualitas pengasuhan, yang pada akhirnya berdampak pada perkembangan anak. Tujuan: Mengetahui gambaran pola asuh orang tua yang bekerja dan tidak bekerja terhadap perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun di TK Nurul Iman Kota Bekasi. Metode Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif cross sectional. Sampel sebanyak 20 responden menggunakan purposive sampling. Instrumen berupa kuesioner pola asuh dan lembar observasi perkembangan kognitif. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (uji chi-square). Mayoritas orang tua yang bekerja menerapkan pola asuh demokratis (50%), sedangkan orang tua yang tidak bekerja cenderung permisif (20%). Sebagian besar anak memiliki perkembangan kognitif kategori mampu (70%). Uji chi-square menunjukkan hubungan bermakna antara pola asuh dan status pekerjaan dengan perkembangan kognitif anak (p = 0,032).Kesimpulan: Pola asuh orang tua yang bekerja maupun tidak bekerja berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Disarankan orang tua lebih memperhatikan pola asuh yang diterapkan agar perkembangan anak optimal.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Futriani, E. S., & Prajati, S. D. N. (2025). Gambaran Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dan Tidak Bekerja Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun di Tk Nurul Iman Kota Bekasi. Jurnal Ners, 9(4), 7979–7993. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50148