Efektivitas Edukasi Kespro Melalui Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Perubahan Perilaku Remaja Pria
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50096Abstract
Latar Belakang: Merokok pada remaja merupakan permasalahan kesehatan masyarakat yang signifikan karena berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi, khususnya fertilitas. Edukasi melalui media animasi menjadi salah satu pendekatan yang dianggap efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan mempengaruhi perilaku remaja. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi kesehatan reproduksi (kespro) melalui video animasi dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan perilaku remaja pria mengenai dampak merokok terhadap fertilitas. Metode: Penelitian menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah remaja pria yang diberikan intervensi berupa video animasi edukatif tentang dampak rokok terhadap Fertilitas . Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi, dan dianalisis menggunakan uji statistic dengan bantuan spss 25. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pengetahuan (p = 0,000) dan perubahan perilaku (p = 0,000) setelah diberikan edukasi melalui video animasi. Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan perilaku remaja pria. Kesimpulan: Edukasi melalui video animasi terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan mendorong perubahan perilaku remaja pria terkait bahaya merokok terhadap fertilitas. Media ini dapat dijadikan alternatif strategi promosi kesehatan di kalangan remaja.Downloads
Published
2025-10-31
How to Cite
Nofa Anggraini, Aini, K., Putri, R. R., & Salehah, W. N. (2025). Efektivitas Edukasi Kespro Melalui Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Perubahan Perilaku Remaja Pria. Jurnal Ners, 9(4), 7956–7965. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.50096
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






