Efektifitas Video Edukasi Tiktok Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia di Puskesmas Purwasari Karawang Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49957Abstract
Berdasarkan data di Puskesmas Purwasari Karawang Jawa Barat pada tahun 2024 didapatkan 11,7% ibu hamil yang mengalami anemia salah satu penyebabnya karena kurangnya pengetahuan. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dengan memberikan video edukasi TikTok karena dapat menyimpan informasi dalam waktu jangka panjang. Mengetahui efektivitas video edukasi TikTok terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang anemia di Puskesmas Purwasari Karawang Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental design bertujuan untuk memperoleh informasi tanpa melakukan perbandingan dengan rancangan one group pretest posttes design. Sampel terdiri dari 27 responden, dengan teknik purposive sampling. Intervensi berupa pemberian edukasi dengan menggunakan media sosial TikTok dan pemberian informasi mengenai anemia dalam kehamilan kepada ibu hamil dengan durasi 2 menit. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan paired simple t test. Pengetahuan ibu hamil tentang anemia sebelum edukasi menggunakan video TikTok rata-rata sebesar 4,07, dengan rata-rata skor 6,65. Pengetahuan ibu hamil tentang anemia sesudah edukasi menggunakan video TikTok rata-rata sebesar 7,19. Hasil paired simple t test dengan nilai p value = 0,000.: Video edukasi tiktok efektif terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang anemia. Tenaga Kesehatan disarankan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial, khususnya TikTok, sebagai sarana edukasi kesehatan yang modern, kreatif, dan mudah diakses, sehingga penyuluhan tidak hanya terbatas pada tatap muka tetapi juga melalui platform digital yang lebih dekat dengan masyarakat.Downloads
Published
2025-10-20
How to Cite
Saniya, S., & Tahun, O. D. (2025). Efektifitas Video Edukasi Tiktok Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia di Puskesmas Purwasari Karawang Jawa Barat. Jurnal Ners, 9(4), 6693–6698. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49957
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






