HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD BANGKINANG KOTA TAHUN 2019

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v3i2.499

Keywords:

Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap.

Abstract

Pelayanan dari semua upaya yang dilakukan karyawan untuk memenuhi keinginan pelanggannya dengan jasa yang akan diberikan. Kepuasan pasien merupakan nilai subyektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan walaupun subyektif tetap ada dasar obyektifnya. Menurut data di RSUD Bangkinang Kota jumlah pasien tahun 2014 sebanyak sebanyak 5480 orang, jumlah pasien tahun 2015 sebanyak 6340 orang. Dari tahun 2014 sampai tahun 2015 terlihat adanya peningkatan jumlah pasien rawat inap. Namun ada 10 orang yang tidak merasakan kepuasan pelayanan. Tujuan penelitian untuk menganalisa hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap. Desain penelitian ini adalah survey analitik. Populasi pada penelitian ini semua pasien berobat dirawat inap di RSUD Bangkinang Kota tahun 2016. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling yaitu sebanyak 95 orang yang dirawat inap. Waktu penelitian di lakukan pada tanggal 6-8 September tahun 2016. Alat ukur yang digunakan adalah lembar kuesioner. Analisa yang digunakan univariat dan bivariat, diolah dengan menggunakan sistem komputerisasi dan uji-chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan keperawatan nilai p = 0,001 dengan kepuasan pasien rawat inap. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi tenaga kesehatan RSUD Bangkinang Kota dengan dengan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di RSUD Bangkinang Kota.

References

Agustinus LW dkk.(2013). Description of Usual Patient Satisfaction on quality service of in-patient installation of local hospital daya makasar in 2013, bagian MRS Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unhas Makasar,

Alamsyah D. (2012). Manajemen pelayanan kesehatan dilengkapi Materi asuransi kesehatan dan mutu pelayanan kesehatan, penerbit Nuha Medika, Yogyakarta

Aritonang dan lerbin, (2005). Kepuasan pelanggan pengukuran dan menganalisa dengan SPSS, penerbit PT Gramedia pustaka Utama, Jakarta.

Arikunto, suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (edisi revisi VI), Rineka Cipta, Jakarta

Asmuji, (2013), Manajemen keperawatan. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Azwar Azrul,, (1996), Pengantar administrasi kesehatan edisi ketiga, penerbit binapura aksara.

Bustami, (2011), penjamin mutu pelayanan kesehatan dan akseptabilitasnya, Erlangga, Jakarta.

Dahlan Sopiyudin,, (2004). Statistika untuk kedokteran dan kesehatan, penerbit arkanas, Jakarta.

Depkes, (2002),. Peran dan fungsi perawat, departemen kesehatan republic Indonesia, jakarta

Desmawati dian w,(2013), hubungan layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap dipuskesmas sembersari labupaten jember. Skripsi. Universitas Jember

Ertanto, w,(2002), hubunagan antara kualitas pelayanan tenaga perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap badan rumah sakit umum DR H. soewondo Kendal. Skripsi, Universitas diponegoro

Hasan ali, (2013), marketing dan kasus- kasus pilihan, penerbit center for academic publishing service, Yogyakarta.

Hidayat,A,A, (2008), pengantar konsep dasar keperawatan, penerbit salemba medika, Jakarta. Kepmenkes RI Nomor 828/Menkes/SK/IX/2008. Petunjuk teknis standar pelayanan minimal bidang kesehatan di kabupaten /kota, 2008, Jakarta menkes RI:2008

Notoadmojo, S, (2010), Metodeologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rinika cipta

Marpaung BS, (2009). Gambaran kepuasan pasien terhadap pelatanan keperawatan diruang rawat inap rumah sakit Xyz, (Online), vol 10 no.2, oktober 2010.

Menteri kesehatan republic Indonesia, 2006,kepuasan mentri kesehatan no:279/menkes/sk/iv/2006 tentang pedoman penyelenggaraan upaya keperawatan kesehatan masyarakat dipuskesmas, Jakarta: mentri kesehatan.

Mustofa A, (2008). HUBUNGAN ANTARA PRESEPSI PASIEN TERHADAP DIM ENSI MUTURUMAH SAKIT PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DIRAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM PKU, MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG, VOLUME 1 NO 2 Maret 2008.

Notoadmodjo, S (2010), Metode penelitian kesehatan, jakarta.

Nursalam, (2003Konsep dan penerapan metodologi penelitain ilmu keperawatan penerbit salemba medika, Jakarta, 2014, manajemen keperawatan : aplikasi dalam praktik keperawatan professional edisi 4 salemba medika Jakarta.

Pohan IS (2006), jaminan mutu layanan kesehatan dasar dasar pengertian dan penerapan, penerbit EGC, jakarta.

Purwanto s, (2007) kualitas pelayanana keperawatn, postet on 28 desember 2007 (http:/www file:///E:/kualitas pelayanan keperawatan aritikesl pisikologi klinis pekembangan dan social htm)

Purwanto EA. Sulistyaastuty DR. (2007) metode penelitian kuantitatif untuk administrasi public dan msalah ,masalah social, penerbit gafanesia.

Peasetyo B dan Jamah L.M,(2013). Metode penelitian kuantitafif teori dan aplikasi, pt rqaja gravindo persada, Jakarta.,

Profil rumah sakit umum daerah bangkinang kota kabupaten kampar2016.

Saryono dan mekar dwi anggraini, (2013), p. metode penelitian kuantitafif dan kualitatif dalam bidang kesehatan, nuhamedika, Yogyakarta.

System kesehatan nasional, (2009) bentuk dan cara penyelengaraan pembangunan kesehatan,depertemnen kesehatan republic indonesia, jakarta.

Sugiyono,(2010) statistika untuk penelitain, alfabeta bandung.

Tjiptono, Anastasia dian, (2011) servis manajemen andi Yogyakarta.

Triwibowo, C(2012) perizinan dan akreditasi rumah sakit, sebuah kajian hokum kesehatan, nuhamedika, Yogyakarta

Undang-undangn republic Indonesia no44 tahun 2009 tentang rumah sakit.zarei, et al, 2004, an empirical study of the impact of service quality patient statisfaction in private hospitals, iran, global jurnal of heatlh sciencie

Downloads

Published

2019-10-20

How to Cite

LIBRIANTY, N. (2019). HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD BANGKINANG KOTA TAHUN 2019. Jurnal Ners, 3(2), 103–110. https://doi.org/10.31004/jn.v3i2.499