Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Management Self Care pada Penderita Diabetes Melitus di Rumah Sakit Umum Royal Prima Medan 2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49768Abstract
Diabetes melitus (DM) adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh akibat produksi atau pemanfaatan insulin yang terganggu. Penderita diabetes sering mengalami gangguan kesehatan akibat kurang optimalnya penerapan Management self-care. Manajemen self-care adalah upaya sadar individu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya secara mandiri. Kemampuan ini perlu didukung melalui edukasi kesehatan. Edukasi dapat disampaikan secara langsung atau melalui media seperti leaflet, poster, dan booklet. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan terhadap management self care pada pasien DM. Metode: penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain quasi expriment one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh penderita diabetes melitus sebanyak 50 populasi. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh, maka jumlah sampel berjumlah 50 sampel. Pengumpulan data menggunakan jenis data primer, sekunder, dan tersier. Aspek pengukuran menggunakan leafleat. Pengolahan data dilakukan melalui uji statistik Wilcoxon signed rank test. Hasil: Berdasarkan uji Wilcoxon Signed Rank, diperoleh p=value 0,00<α0,05. Kesimpulan: Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh edukasi kesehatan terhadap management self care pada penderita diabetes mellitus.Downloads
Published
2025-08-28
How to Cite
Buulolo, S., Manurung, G. N., Fadhilla, J. P., Simanungkalit, J. A. K., Kartika, A., & Ginting, C. N. (2025). Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Management Self Care pada Penderita Diabetes Melitus di Rumah Sakit Umum Royal Prima Medan 2025. Jurnal Ners, 9(4), 5801–5806. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49768
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






