Pengaruh Peer Teaching terhadap Kemampuan Penanganan Syncope Siswa Kelas VII MTSS Al-Ihsan

Authors

  • Hafizhah Nur Istiqomah Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Ika Silvitasari Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49575

Abstract

Syncope merupakan kondisi hilangnya kesadaran sementara akibat penurunan aliran darah ke otak dan dapat berakibat fatal jika berlangsung lebih dari 10 menit. Menurut Barrow Neurological Institute (2020), syncope memengaruhi sekitar 1 juta orang di Amerika setiap tahunnya dan sering terjadi pada siswa di sekolah. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas dan penurunan kondisi kesehatan. Oleh karena itu, siswa perlu dibekali dengan keterampilan menangani syncope secara tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah peer teaching, karena mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer teaching terhadap keterampilan penanganan syncope pada siswa kelas VII di MTSS Al-Ihsan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimental menggunakan desain one group pre-test post-test. Hasil dari penelitian ini sebelum intervensi seluruh responden (100%) menunjukkan keterampilan penanganan syncope yang rendah dan setelah intervensi 93% responden menunjukkan tingkat keterampilan yang tinggi. Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan yang signifikan (p=0,000), yang mengindikasikan bahwa peer teaching secara signifikan meningkatkan keterampilan penanganan syncope. Penelitian ini menunjukkan bahwa peer teaching memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan penanganan syncope pada siswa kelas VII di MTSS Al-Ihsan.

Downloads

Published

2025-10-07

How to Cite

Istiqomah, H. N., & Silvitasari, I. (2025). Pengaruh Peer Teaching terhadap Kemampuan Penanganan Syncope Siswa Kelas VII MTSS Al-Ihsan. Jurnal Ners, 9(4). https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49575