Penerapan Brain Gym Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Dengan Hospitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49126Abstract
Latar Belakang : Hospitalisasi pada anak merupakan pengalaman penuh stres yang dapat memicu kecemasan, terutama pada usia prasekolah hingga sekolah. Kecemasan yang tidak segera diatasi berpotensi memperburuk proses penyembuhan dan perkembangan psikologis anak. Data menunjukkan sekitar 70% anak prasekolah mengalami kecemasan sedang hingga berat selama hospitalisasi, dan pada anak usia sekolah juga masih menjadi salah satu masalah hospitalisasi. Brain gym merupakan salah satu teknik non farmakologis untuk menurunkan kecemasan pada anak. Selain menurunkan kecemasan, terapi ini juga memberi dampak positif terhadap perilaku, kemampuan adaptasi, serta mendukung proses pemulihan anak. Tujuan : Studi kasus ini bertujuan mengkaji efektivitas penerapan Brain Gym dalam menurunkan tingkat kecemasan anak selama menjalani perawatan di rumah sakit. Metode : Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan penerapan intervensi Brain Gym pada anak yang mengalami kecemasan hospitalisasi, kecemasan diukur menggunakan instrument Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Hasil : Hasil penerapan menunjukkan intervensi Brain Gym yang dilakukan mampu menurunkan skor kecemasan berdasarkan skala HARS dari kategori sedang ke ringan pada seluruh subjek. Brain Gym mudah diimplementasikan oleh tenaga kesehatan maupun keluarga sebagai bagian dari keperawatan holistik, serta berperan dalam mencegah dampak psikososial hospitalisasi. Kesimpulan : Brain Gym merupakan strategi efektif dan praktis untuk mengurangi kecemasan hospitalisasi pada anak, sehingga disarankan untuk diintegrasikan dalam asuhan keperawatan anak di rumah sakit.Downloads
Published
2025-08-28
How to Cite
Prasetyo, L. E., & Irdawati, I. (2025). Penerapan Brain Gym Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Dengan Hospitalisasi. Jurnal Ners, 9(4), 5742–5745. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.49126
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






