Efektifitas Pembelajaran Student-Centered Learning (Scl) Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Dicision Dan Self-Directed Learning Pada Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi Pada Prodi Keperawatan Aceh Utara Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48972Abstract
Pelaksanaan pembelajaran mahasiswa DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh pada Matakuliah Kesehatan reproduksi dilaknkan dengan proses belajar yang bertumpu pada aktivitas belajar mahasiswa (Student Centered Learning - SCL). Alternatif upaya perbaikan mutu pembelajaran diatas berdasarkan hasil diskusi tim dan telaah literature adalah dua methode yang yang efektif dalam upaya meningkatan hasil belajar yaitu melalui pembelajaran SCL dengan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Self-Directed Learning (SDL). ). Model pembelajaran STAD dipilih relevansi, pendekatan kooperatif sangat fleksibel diterapkan pada hampir semua mata kuliah dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa memecah masalah secara tim. Self-Directed Learning dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, prestasi dan pengembangan individu yang diawali dengan inisiatif sendiri menggunakan perencanaan belajar sendiri dan dilakukan sendiri, menyadari kebutuhan belajar sendiri dalam mencapai tujuan belajar dengan cara membuat strategi belajar sendiri serta penilaian hasil belajar sendiri. Kedua metode ini efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Desain penelitian ini adalah classroom action riset dengan Concecutive Sampling. Jumlah responden yang dilibatkan 68 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar tilik dan form evaluasi dari hasil ujian dan aktivitas mahasiswa. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari sampai maret 2023. Analisis data menggunakan t tes dengan interval kepercayaan 95%. Penelitian ini melihat efektifitas metode pembelajran STAD dan SDL terhadap nilai akhir mahasiswa Hasil penelitian diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Luaran penelitian ini minimal memperoleh HAKI Modul Pembelajaran dan Publikasi Ilmiah yang dimuat di jurnal terakreditasi Dikti peringkat Sinta 4-6. Tingkat Kesiapterapan Teknologi penelitian ini adalah dua.Downloads
Published
2025-10-17
How to Cite
Marlina, M., Yusnidaryani, Y., Taufik, S., & Sari, Y. S. (2025). Efektifitas Pembelajaran Student-Centered Learning (Scl) Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Dicision Dan Self-Directed Learning Pada Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi Pada Prodi Keperawatan Aceh Utara Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun 2023. Jurnal Ners, 9(4), 6596–6600. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48972
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






