Peran Romantic Relationship Quality dalam Memediatori Hubungan antara Need Satisfaction dan Subjective Well-Being pada Mahasiswa

Authors

  • Nadaa Alya firyall Qoonitah Universitas Negeri Semarang
  • Zakki Nurul Amin Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran Romantic Relationship Quality dalam memediasi hubungan antara Need Satisfaction dan Subjective Well-Being pada mahasiswa. Kesejahteraan subjektif menjadi isu penting, terutama bagi mahasiswa yang menjalani hubungan romantis, karena dipengaruhi oleh pemenuhan kebutuhan psikologis dasar dan kualitas hubungan interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan analisis mediasi. Partisipan berjumlah 154 mahasiswa yang sedang menjalin hubungan romantis, dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan secara daring pada Mei–Juni 2025 menggunakan tiga instrumen: Basic Psychological Need Satisfaction and Frustration Scale (BPNSFS), Satisfaction With Life Scale (SWLS), dan Quality of Relationships Inventory (QRI), yang telah melalui proses backtranslation dan uji reliabilitas (α > 0,70). Analisis menggunakan PROCESS Macro Hayes menunjukkan bahwa Romantic Relationship Quality memediasi secara signifikan hubungan antara Need Satisfaction dan Subjective Well-Being (β = 0.1677, CI = 0.0925–0.2720). Tidak ditemukan pengaruh langsung yang signifikan antara Need Satisfaction dan Subjective Well-Being, sehingga kualitas hubungan romantis menjadi mediator penuh. Temuan ini menekankan pentingnya mempertimbangkan dinamika hubungan romantis saat mengevaluasi kesejahteraan mahasiswa. Kebaruan penelitian ini terletak pada pemetaan Romantic Relationship Quality sebagai mediator penuh dalam konteks kesejahteraan mahasiswa Indonesia yang menjalin hubungan romantis.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Qoonitah, N. A. firyall, & Amin, Z. N. (2025). Peran Romantic Relationship Quality dalam Memediatori Hubungan antara Need Satisfaction dan Subjective Well-Being pada Mahasiswa. Jurnal Ners, 9(4), 5753–5758. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48567