Persepsi Remaja Terhadap Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja di SMKN 4 Padang dan Wilayah Bukit Gado-gado Kota Padang Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48258Abstract
Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) bertujuan memberikan layanan informasi dan konseling bagi remaja. Namun, pemanfaatannya masih rendah sehingga perilaku remaja terhadap program ini belum optimal. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini dilakukan di SMKN 4 Padang dan wilayah Bukit Gado-Gado Kota Padang pada Februari 2023–Juli 2024. Informan utama adalah remaja peserta PIK-R, sedangkan pengurus dan pembina menjadi informan pendukung. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, lalu dianalisis dengan reduksi, kategorisasi, sintesis, dan penyusunan hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukkan keikutsertaan remaja dipicu sosialisasi dari pengurus, orang tua, dan teman. Persepsi remaja dipengaruhi pemahaman, kegiatan, materi, dan peran pengurus. Mayoritas remaja belum pernah melakukan konseling, tetapi mereka merasakan manfaat berupa peningkatan pengetahuan dan kepercayaan diri. Temuan ini diharapkan menjadi acuan pengembangan program agar lebih efektif dan menarik minat remaja.Downloads
Published
2025-08-27
How to Cite
Tasman, A. M., Serudji, J., & Irawati, N. (2025). Persepsi Remaja Terhadap Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja di SMKN 4 Padang dan Wilayah Bukit Gado-gado Kota Padang Tahun 2023. Jurnal Ners, 9(4), 5552–5695. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48258
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






