Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Bahaya Napza di SMP Muhammadiyah Kota Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.48066Abstract
Penyalahgunaan narkoba memberikan dampak yang tidak baik yaitu dapat mengakibatkan adiksi (ketagihan) yang berakibat pada ketergantungan, pengetahuan siswa yang masih rendah dan metode edukasi yang kurang tepat. Tujuan penelitian mengindentifikasi Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Bahaya Napza di SMP Muhammadiyah Kota Lhokseumawe. Desain penelitian ini digunakan jenis quassy experimental dengan rancangan one group pre-test post-test dengan Populasi adalah siswa SMP Muhammadiyah Kota Lhokseumawe dengan Jumlah sampel sebesar 33 siswa. Teknik sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil: Penelitian ini didapatkan nilai rata-rata tingkat pengetahuan sedang 19 (57,6%) pada prestes. Postest katagori pengetahuan baik 15 (45.5%). Hasil uji statistik didapatkan nilai 0,000, ada perbedaan yang signifikan antar pengetahun siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba sebelum dan sesudah diberikan Pendidikan Kesehatan Saran: Diharapkan pihak sekolah dapat mengadakan penyuluhan rutin mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba untuk menambah pengetahuan siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan bagi siswa diharapkan dapat menerapkan untuk tidak menyalahgunakan dan memperbanyak kegiatan bermanfaat seperti berolahraga. Kata Kunci: Siswa, Narkoba & EdukasiDownloads
Published
2025-07-31
How to Cite
Fitria, N., Rizana, N., Sari, T., Ridhayani, R., & Susanti, N. (2025). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Bahaya Napza di SMP Muhammadiyah Kota Lhokseumawe. Jurnal Ners, 9(3), 5447–5450. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.48066
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






