Hubungan Kecanduan Penggunaan Gawai Terhadap Kualitas Tidur dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Negeri 8 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48021Abstract
Kemajuan teknologi menyebabkan gawai menjadi bagian penting dalam kehidupan remaja. Namun, penggunaan gawai yang berlebihan berisiko menurunkan kualitas tidur dan mempengaruhi prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan penggunaan gawai terhadap kualitas tidur dan prestasi akademik siswa SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional, melibatkan 96 siswa sebagai sampel yang dipilih dengan teknik probability sampling. Instrumen penelitian meliputi Smartphone Addiction Scale (SAS), Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan nilai rata-rata rapor. Analisis data bivariat menggunakan uji Chi square. Hasil menunjukkan bahwa 63,1% siswa dengan kecanduan gawai tinggi memiliki kualitas tidur buruk. Selain itu, sebagian besar siswa dengan kecanduan gawai tinggi memperoleh nilai akademik rata-rata 80-89. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecanduan gawai berdampak negatif terhadap kualitas tidur dan berpotensi menurunkan prestasi akademik. Oleh karena itu, diperlukan pembatasan penggunaan gawai di malam hari serta edukasi tentang pentingnya tidur yang cukup, dengan dukungan aktif orang tua dan guru dalam membimbing siswa menggunakan gawai secara bijak.Downloads
Published
2025-10-30
How to Cite
Maghfirah, K., Mutmainnah, M., & Meinarisa, M. (2025). Hubungan Kecanduan Penggunaan Gawai Terhadap Kualitas Tidur dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Ners, 9(4), 7093–7098. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.48021
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






