Studi Cross-Sectional Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien

Authors

  • Arianus Zebua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe
  • Herianto Bangun Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.47299

Abstract

Kualitas pelayanan administrasi menjadi elemen penting yang memengaruhi tingkat kepuasan pasien, khususnya dalam konteks persaingan layanan kesehatan yang semakin intensif. Pelayanan yang berkualitas tidak hanya merefleksikan performa lembaga kesehatan, tetapi juga turut membentuk persepsi serta pengalaman pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan pasien. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Klinik Permata Saribudolok Tahun 2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung di Klinik Permata Saribudolok Tahun 2023. Sampel diperoleh sebanyak 56 orang dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien. Analisis data penelitian menggunakan uji Chi Square. Sebanyak 60,7% pasien merasa puas terhadap pelayanan administrasi yang diberikan tenaga kesehatan. Dimensi penampilan (p = 0,003; PR = 6,75; 95%CI 2,028-22,463), kehandalan (p = 0,031; PR= 4,01; 95%CI 1,281-12,563), daya tanggap (p = 0,010; PR = 5,14; 95%CI 1,610-16,430), perhatian (p = 0,011; PR = 4,83; 95%CI 1,362-17,157), dimensi jaminan (p = 0,011; PR = 6,96; 95%CI 2,104-23,053) berhubungan signifikan terhadap kepuasan pasien.  

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Zebua, A., & Bangun, H. (2025). Studi Cross-Sectional Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Ners, 9(3), 4719–4724. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.47299

Issue

Section

Articles