Studi Cross-Sectional Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.47299Abstract
Kualitas pelayanan administrasi menjadi elemen penting yang memengaruhi tingkat kepuasan pasien, khususnya dalam konteks persaingan layanan kesehatan yang semakin intensif. Pelayanan yang berkualitas tidak hanya merefleksikan performa lembaga kesehatan, tetapi juga turut membentuk persepsi serta pengalaman pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan pasien. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Klinik Permata Saribudolok Tahun 2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung di Klinik Permata Saribudolok Tahun 2023. Sampel diperoleh sebanyak 56 orang dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien. Analisis data penelitian menggunakan uji Chi Square. Sebanyak 60,7% pasien merasa puas terhadap pelayanan administrasi yang diberikan tenaga kesehatan. Dimensi penampilan (p = 0,003; PR = 6,75; 95%CI 2,028-22,463), kehandalan (p = 0,031; PR= 4,01; 95%CI 1,281-12,563), daya tanggap (p = 0,010; PR = 5,14; 95%CI 1,610-16,430), perhatian (p = 0,011; PR = 4,83; 95%CI 1,362-17,157), dimensi jaminan (p = 0,011; PR = 6,96; 95%CI 2,104-23,053) berhubungan signifikan terhadap kepuasan pasien.Downloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Zebua, A., & Bangun, H. (2025). Studi Cross-Sectional Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Ners, 9(3), 4719–4724. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.47299
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






