Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga Tentang Aktivitas Fisik Untuk Lansia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.46838Abstract
Kontribusi terbesar dalam menjamin aktifitas fisik lansia terpenuhi secara optimal adalah kemampuan dari keluarga sebagai pengasuh utama dalam membantu lansia melaksanakan aktifitas fisiknya secara rutin setiap hari. Kurangnya pengetahuan keluarga akan pentingnya manfaat dari aktifitas fisik dan jenis aktifitas fisik apa yang sebaiknya dilakukan sesuai dengan usia lansia menjadi salah satu faktor terjadinya perilaku hidup menetap atau kurang aktif di kalangan lansia yang menyebabkan berbagai gangguan penyakit pada lansia. Masalah ini dapat dicegah dan dikontrol dengan cara memberikan edukasi kepada kelurga yang memiliki tanggung jawab merawat anggota keluarganya yang telah usia lanjut tentang bagaimana menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik/latihan fisik secara benar dan teratur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan keluarga tentang aktivitas fisik untuk lansia. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental menggunakan rancangan one group pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis Wilcoxon menunjukkan adanya perubahan pengetahuan yang bermakna antara perlakuan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi tentang aktivitas fisik untuk lansia dengan hasil uji signifikan p-value (0.000) < 0.05Downloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Pertiwi, G. H., & Sastrini, Y. E. (2025). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga Tentang Aktivitas Fisik Untuk Lansia. Jurnal Ners, 9(3), 4694–4699. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.46838
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






