Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua dengan Kepercayaan Diri pada Remaja di SMK Negeri 1 Bangkinang Kota Tahun 2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.46789Abstract
Pada tahap remaja memiliki kebutuhan untuk diakui dan diterima oleh lingkungan sekitar terutama keluarga sehingga memberikan rasa aman dan meningkatkan kepercayaan diri. Tingkat kepercayaan diri seseorang memengaruhi cara ia menilai dan menghargai dirinya sendiri. Penilaian ini terbentuk melalui interaksi dengan lingkungan, perlakuan yang diterima dari orang lain, serta komentar atau pandangan yang diberikan orang lain tentang dirinya, yang kemudian menjadi dasar untuk menilai dirinya sendiri. Rendahnya tingkat kepercayaan diri salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan kekerasan verbal dalam mendidik anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kekerasan verbal orang tua dengan kepercayaan diri pada remaja di SMK Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian menggunakan desain cross-sectional dan dilakukan pada 16 hingga 30 Januari 2025 dengan jumlah sampel 91 siswa/i melalui teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kekerasan verbal orang tua dan kepercayaan diri. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Squre. Hasil univariat menunjukan 49 responden (53,8%) mengalami kekerasan verbal ringan dan 60 responden (65,9) memiliki kepercayaan diri tinggi. Uji Chi-Squre menunjukkan ada hubungan antara kekerasan verbal orang tua dengan kepercayaan diri (P Value 0,003). Penelitian ini diharapkan menjadi sumber informasi/pengetahuan mengenai indikasi kepercayaan diri. Kata Kunci: Kekerasan Verbal Orang Tua, Kepercayaan Diri, RemajaDownloads
Published
2025-06-23
How to Cite
ramadhani, dina, Alini, A., & Z.R, Z. (2025). Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua dengan Kepercayaan Diri pada Remaja di SMK Negeri 1 Bangkinang Kota Tahun 2025. Jurnal Ners, 9(3), 4353–4360. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.46789
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






