Efektivitas Konseling Karier Berbasis Casve dalam Meningkatan Kemampuan Membuat Keputusan Karier Siswa Sma
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.46196Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas konseling karier berbasis CASVE dalam meningkatan kemampuan membuat keputusan karier siswa SMA. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang meliputi lima tahapan: perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur, penetapan kriteria inklusi dan eksklusi, seleksi data, serta analisis dan sintesis. Tiga fokus utama pertanyaan penelitian adalah efektivitas CASVE dalam eksplorasi karier, indikator keberhasilan eksplorasi, dan pelaksanaan konseling CASVE di pendidikan menengah. Pencarian literatur melalui basis data seperti Scopus dan ERIC menghasilkan 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif untuk mengidentifikasi tema utama, termasuk indikator keberhasilan, metode konseling CASVE, dan efektivitas intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling karier berbasis CASVE terbukti efektif dalam meningkatan kemampuan membuat keputusan karier siswa SMA. Efektivitas ini tercermin dalam peningkatan pemahaman diri, pengambilan keputusan karier, kejelasan perencanaan karier, serta pengurangan kebingungan karier siswa. Lima indikator keberhasilan eksplorasi karier yang ditemukan adalah kesadaran diri terhadap karier, perilaku aktif mencari informasi karier, efikasi dalam pengambilan keputusan karier, kejelasan dan perencanaan karier, serta pengurangan kebingungan karier. Implementasi CASVE juga menunjukkan fleksibilitas yang tinggi, dapat diterapkan dalam konseling individu, kelompok, maupun berbasis kelas, dan mendukung integrasi teknologi dalam proses bimbingan karier.Downloads
Published
2025-06-13
How to Cite
Mustikaningrum, M., Marjo, H. K., & Hidayat, D. R. (2025). Efektivitas Konseling Karier Berbasis Casve dalam Meningkatan Kemampuan Membuat Keputusan Karier Siswa Sma. Jurnal Ners, 9(3), 4201 – 4210. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.46196
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






