Pengaruh Video Edukasi terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Kader Menghadapai Bencana Gempa Bumi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.46075Abstract
Indonesia adalah negara yang sering mengalami bencana gempa bumi dan bencana alam lainnya, karena posisinya di Cincin Api Pasifik. Anggota masyarakat, terutama mereka yang memegang peran kepemimpinan di bidang kesehatan atau organisasi masyarakat, memainkan peran krusial dalam upaya persiapan bencana, salah satunya adalah kader. Namun, pemahaman kader tentang cara bersiap menghadapi gempa bumi bervariasi dan terkadang tidak memadai. Memberikan kader pendidikan berkualitas tinggi, seperti video instruksional, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman kader tentang persiapan bencana gempa bumi dipengaruhi oleh video edukatif. Sebanyak 47 kader dipilih secara acak menggunakan metode sampling berstrata proporsional, penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental pre-test dan post-test. Kuesioner persiapan bencana gempa bumi berbasis pengetahuan digunakan sebagai alat ukur. Skor median pre-test adalah 50,00 pada analisis univariat, sedangkan skor median post-test adalah 80,00. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai p-value 0,000 pada analisis bivariat. Hal ini menunjukkan bahwa video edukasi memang memiliki dampak terhadap pemahaman kader tentang persiapan bencana gempa bumi. Pendidikan ulang kepada masyarakat tentang persiapan bencana gempa bumi harus dilakukan oleh kader.Downloads
Published
2025-10-31
How to Cite
Puspitasari, P., Amrullah, J. F., & Riandi, D. (2025). Pengaruh Video Edukasi terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Kader Menghadapai Bencana Gempa Bumi. Jurnal Ners, 9(4), 7749–7753. https://doi.org/10.31004/jn.v9i4.46075
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






