Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Swasta Ditinjau dari Tingkat Kepuasan Pasien: Literature Review

Authors

  • Styfanni Mahury Universitas Indonesia
  • Masyitoh Basabih Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.45924

Abstract

Penelitian ini merupakan literature review yang menggunakan metode PRISMA untuk menganalisis pengaruh waktu tunggu pelayanan resep terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit swasta. Studi ini mengkaji berbagai literatur dari tahun 2015–2025 yang memenuhi kriteria inklusi seperti metode kuantitatif, akses terbuka dan relevansi topik. Hasil sintesis dari sepuluh artikel menunjukkan bahwa waktu tunggu pelayanan resep, baik obat jadi maupun racikan,sangat memengaruhi kepuasan pasien. Waktu tunggu yang singkat dan pelayanan yang efisien berkorelasi positif dengan meningkatnya kepuasan dan loyalitas pasien, sedangkan keterlambatan pelayanan dapat menurunkan persepsi kualitas layanan rumah sakit. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya optimalisasi sumber daya dan SOP di instalasi farmasi untuk meningkatkan mutu layanan dan pengalaman pasien.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Mahury, S., & Basabih, M. (2025). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Swasta Ditinjau dari Tingkat Kepuasan Pasien: Literature Review. Jurnal Ners, 9(3), 4086–4094. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.45924

Issue

Section

Articles