Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak SD Swasta X Kelas 4–6 Terhadap Teman Sebaya di Jakarta

Authors

  • Yvonne Marthina Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA)
  • Agnes Wisela Gunawan Universitas Kristen Krida Wacana
  • Erma Mexcorry Sumbayak Universitas Kristen Krida Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44803

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, individu satu dapat mempengaruhi individu lain atau sebaliknya, jadi terdapat adanya hubungan yang saling timbal balik. Menurut Soerjono Sukanto syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget (Handphone/Tablet/iPad) terhadap interaksi sosial anak dengan teman sebayanya. Desain penelitian ini yaitu deskriptif-analitik yang dilakukan dengan cara cross-sectional dimana pengukuran variabel dilakukan pada suatu saat tertentu sekaligus secara bersamaan, di Sekolah Dasar X, Jakarta Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara acak menggunakan metode stratified random sampling. Total responden yang diperlukan yaitu 107 anak. Data yang didapat dianalisis menggunakan Uji Chi-Square. Dari hasil uji statistik hubungan intensitas pengaksesan media sosial dan game online terhadap interaksi sosial didapatkan hasil p-value 0.018 < 0.05. Hasil peneitian dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan antara intensitas pengaksesan media sosial dan game online terhadap interaksi sosial anak. Namun untuk variabel lain (jenis kelamin, pembatasan waktu bermain, lama penggunaan, jumlah media sosial dan jumlah game online pada gadget) tidak didapatkan hubungan antara variabel-variabel tersebut terhadap interaksi sosial anak.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Marthina, Y., Gunawan, A. W., & Sumbayak, E. M. (2025). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak SD Swasta X Kelas 4–6 Terhadap Teman Sebaya di Jakarta. Jurnal Ners, 9(3), 3726–3732. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44803

Issue

Section

Articles