Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak SD Swasta X Kelas 4–6 Terhadap Teman Sebaya di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44803Abstract
Interaksi sosial merupakan hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, individu satu dapat mempengaruhi individu lain atau sebaliknya, jadi terdapat adanya hubungan yang saling timbal balik. Menurut Soerjono Sukanto syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget (Handphone/Tablet/iPad) terhadap interaksi sosial anak dengan teman sebayanya. Desain penelitian ini yaitu deskriptif-analitik yang dilakukan dengan cara cross-sectional dimana pengukuran variabel dilakukan pada suatu saat tertentu sekaligus secara bersamaan, di Sekolah Dasar X, Jakarta Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara acak menggunakan metode stratified random sampling. Total responden yang diperlukan yaitu 107 anak. Data yang didapat dianalisis menggunakan Uji Chi-Square. Dari hasil uji statistik hubungan intensitas pengaksesan media sosial dan game online terhadap interaksi sosial didapatkan hasil p-value 0.018 < 0.05. Hasil peneitian dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan antara intensitas pengaksesan media sosial dan game online terhadap interaksi sosial anak. Namun untuk variabel lain (jenis kelamin, pembatasan waktu bermain, lama penggunaan, jumlah media sosial dan jumlah game online pada gadget) tidak didapatkan hubungan antara variabel-variabel tersebut terhadap interaksi sosial anak.Downloads
Published
2025-05-30
How to Cite
Marthina, Y., Gunawan, A. W., & Sumbayak, E. M. (2025). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak SD Swasta X Kelas 4–6 Terhadap Teman Sebaya di Jakarta. Jurnal Ners, 9(3), 3726–3732. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44803
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






