Pengaruh Teknik Butterfly Hug Terhadap Kecemasan Menjalani Skripsi Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang

Authors

  • Rintan Putri Arianie Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang
  • Ayu Dekawaty Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang
  • Suzanna Suzanna Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang
  • Romiko Romiko Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44742

Abstract

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dilewati mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Beban tugas yang berat sangat berdampak pada psikologis mahasiswa yaitu kecemasan. Intervensi non-farmakologi yang bisa diberikan untuk mengatasi kecemasan yaitu butterfly hug. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui  apakah  terdapat  pengaruh  teknik  Butterfly  Hug  terhadap  kecemasan  menjalani  skripsi  pada  Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan  one  group  pre-test  post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menjalani skripsi 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 42 mahasiswa. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner HARS, uji statistik yang digunakan Paired Sample T-test. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai rata-rata kecemasan sebelum intervensi 17,93, skor kecemasan terendah 7 dan tertinggi 30. Nilai rata-rata kecemasan setelah intervensi 7.98, skor kecemasan terendah 0 dan tertinggi 15. Hasil satistik didapatkan (p value <0,05). Butterfly hug bisa digunakan sebagai terapi penurunan kecemasan mahasiswa, aman untuk digunakan, bisa diterapkan kapan pun dan dimanapun.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Arianie, R. P., Dekawaty, A., Suzanna, S., & Romiko, R. (2025). Pengaruh Teknik Butterfly Hug Terhadap Kecemasan Menjalani Skripsi Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang. Jurnal Ners, 9(3), 3980–3991. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44742

Issue

Section

Articles