Perbedaan Simulated Based Education (SBE) dan Problem Based Learning (PBL) tentang Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) terhadap Pengetahuan dan Skill CPR pada Mahasiswa Keperawatan

Authors

  • Esri Rusminingsih Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Nur Wulan Agustina Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Endang Sawitri Universitas Muhammadiyah Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44044

Abstract

Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) merupakan tindakan segera untuk tercapainya Return of Spontaneous Circulation (ROSC). Kemampuan CPR tenaga medis menentukan keberhasilan resusitasi dan meningkatkan kelangsungan hidup pasien. Penting bagi perawat memiliki pengetahuan dan skill CPR yang berkualitas (High Quality CPR). Pengetahuan dan skill CPR diperoleh dari berbagai metode pembelajaran, diantaranya dengan metode Simulation Based Education.Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perbedaan metode pembelajaran SBE dan PBL tentang CPR terhadap Pengetahuan dan Skill CPR pada mahasiswa DIII Keperawatan. Penelitian ini menggunakan design quasi eksperiment with comparison group dengan populasi mahasiswa  DIII Keperawatan tingkat I semester II. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling  berjumlah 29 responden yang dibagi 2 kelompok, yaitu 14 orang kelompok SBE dan 15 orang kelompok PBL. Instrumen untuk mengukur pengetahuan CPR didasarkan pada guideline American Heart Association, dan skill CPR dinilai menggunakan check list standar operasional prosedur (SOP) CPR. Hasil penelitian terdapat perbedaan bermakna tingkat pengetahun sebelum dan sesudah intervensi (p=0,001). Tidak terdapat perbedaan metode pembelajaran SBE dengan PBL terhadap tingkat pengetahuan CPR (p=0,114). Rerata skor skill CPR pada kelompok SBE 97,57, dan kelompok PBL 35,73. Terdapat perbedaan bermakna antara metode pembelajaran SBE dengan PBL terhadap skill BLS mahasiswa Prodi DIII Keperawatan (p=0,001). Kata Kunci: Pengetahuan, Skill CPR, SBE, PBL

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Rusminingsih, E., Agustina, N. W., & Sawitri , E. (2025). Perbedaan Simulated Based Education (SBE) dan Problem Based Learning (PBL) tentang Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) terhadap Pengetahuan dan Skill CPR pada Mahasiswa Keperawatan . Jurnal Ners, 9(3), 4332 – 4337. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44044

Issue

Section

Articles