Perbedaan Simulated Based Education (SBE) dan Problem Based Learning (PBL) tentang Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) terhadap Pengetahuan dan Skill CPR pada Mahasiswa Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44044Abstract
Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) merupakan tindakan segera untuk tercapainya Return of Spontaneous Circulation (ROSC). Kemampuan CPR tenaga medis menentukan keberhasilan resusitasi dan meningkatkan kelangsungan hidup pasien. Penting bagi perawat memiliki pengetahuan dan skill CPR yang berkualitas (High Quality CPR). Pengetahuan dan skill CPR diperoleh dari berbagai metode pembelajaran, diantaranya dengan metode Simulation Based Education.Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perbedaan metode pembelajaran SBE dan PBL tentang CPR terhadap Pengetahuan dan Skill CPR pada mahasiswa DIII Keperawatan. Penelitian ini menggunakan design quasi eksperiment with comparison group dengan populasi mahasiswa DIII Keperawatan tingkat I semester II. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berjumlah 29 responden yang dibagi 2 kelompok, yaitu 14 orang kelompok SBE dan 15 orang kelompok PBL. Instrumen untuk mengukur pengetahuan CPR didasarkan pada guideline American Heart Association, dan skill CPR dinilai menggunakan check list standar operasional prosedur (SOP) CPR. Hasil penelitian terdapat perbedaan bermakna tingkat pengetahun sebelum dan sesudah intervensi (p=0,001). Tidak terdapat perbedaan metode pembelajaran SBE dengan PBL terhadap tingkat pengetahuan CPR (p=0,114). Rerata skor skill CPR pada kelompok SBE 97,57, dan kelompok PBL 35,73. Terdapat perbedaan bermakna antara metode pembelajaran SBE dengan PBL terhadap skill BLS mahasiswa Prodi DIII Keperawatan (p=0,001). Kata Kunci: Pengetahuan, Skill CPR, SBE, PBLDownloads
Published
2025-06-23
How to Cite
Rusminingsih, E., Agustina, N. W., & Sawitri , E. (2025). Perbedaan Simulated Based Education (SBE) dan Problem Based Learning (PBL) tentang Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) terhadap Pengetahuan dan Skill CPR pada Mahasiswa Keperawatan . Jurnal Ners, 9(3), 4332 – 4337. https://doi.org/10.31004/jn.v9i3.44044
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






