Hubungan Pendidikan, Pekerjaan, dan Pola Asuh Ibu Dengan Status Gizi Pada Balita: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.43563Abstract
Abstrak Status gizi balita di Indonesia merupakan isu kesehatan yang mendesak, dengan prevalensi stunting mencapai21,6% dan wasting 7,7% menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis hubungan antara pendidikan, pekerjaan, dan pola asuh ibu terhadap status gizi balita. Melaluimetode literature review, data dikumpulkan dari berbagai sumber akademik dan jurnal ilmiah yang relevan.Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan ibu yang lebih tinggi berhubungan positif dengan pengetahuangizi dan pola asuh yang baik, yang pada gilirannya meningkatkan status gizi anak. Pekerjaan ibu jugaberkontribusi signifikan, di mana ibu yang bekerja cenderung memiliki akses lebih baik terhadap sumber dayagizi. Pola asuh yang baik, termasuk perhatian terhadap asupan makanan dan kesehatan anak, terbuktiberpengaruh positif terhadap status gizi balita. Temuan ini menekankan pentingnya intervensi yang berfokuspada peningkatan pendidikan dan pengetahuan ibu, serta penguatan pola asuh yang baik untuk meningkatkanstatus gizi balita di Indonesia.Kata Kunci: Pendidikan Ibu, Pekerjaan Ibu, Pola Asuh Ibu, Status Gizi BalitaDownloads
Published
2025-04-14
How to Cite
Pratiwi, W. D. (2025). Hubungan Pendidikan, Pekerjaan, dan Pola Asuh Ibu Dengan Status Gizi Pada Balita: Literature Review. Jurnal Ners, 9(2), 2607–2611. https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.43563
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






