Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Nutrisi Pada Ibu Hamil
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.42412Abstract
Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya penting dalam meningkatkan kesadaran serta pengetahuan masyarakat tentang isu-isu kesehatan yang relevan. Salah satu isu penting yang perlu diperhatikan adalah pemahaman mengenai nutrisi yang tepat, khususnya pada ibu hamil. Kehamilan adalah periode yang sangat krusial dalam kehidupan seorang wanita, karena pada tahap ini, kesehatan ibu dan perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh asupan gizi yang diterima. Asupan gizi yang baik dan seimbang tidak hanya mendukung kesehatan ibu, tetapi juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu intervensi untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan nutrisi pada ibu hamil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, menggunakan model one group pretest-posttest design. Uji hipotesis dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value sebesar 0,001 pada pretest dan posttest, yang mengindikasikan bahwa pendidikan kesehatan memiliki pengaruh terhadap pengetahuan nutrisi ibu hamil. Pengetahuan ibu hamil mengenai nutrisi meningkat setelah diberikan pendidikan kesehatan.Downloads
Published
2025-02-27
How to Cite
Regitasari, D. H. L., & Sulastri , S. (2025). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Nutrisi Pada Ibu Hamil. Jurnal Ners, 9(2), 1986–1990. https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.42412
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).