Edukasi Gizi dan Tablet Tambah Darah Dalam Mencegah Anemia Pada Remaja Putri Di SMAN Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.41308Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menegetahui Pemberian Edukasi Gizi, Tablet Tambah Darah Dalam Mencegah Anemia Pada Remaja Putri di SMA Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperimen (rancangan eksperimen semu) dengan Pretest and Post test one group design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kadar hemoglobin setelah diberikan tablet tambah darah dengan p_value .000 , serta peningkatan tingkat pengetahuan setelah pemberian edukasi gizi dengan p_ value .033. Kesimpulan penelitian ini yakni Pemberian Tablet tambah darah pada remaja putri di SMA Kota Kupang dimana memberikan dampak adanya peningkatan pada pengukuran HB awal dan akhir sebanyak 13 point dengan P.value .000. Pengetahuan remaja putri mengalami peningkatan sebanyak 14,8 point dengan p-value .033, Pola konsumsi makanan remaja putri SMA di Kota Kupang dengan kategori baik sebanyak 58 sampel (58%), FFQ kategori cukup sebanyak 27 sampel (27%) dan FFQ kategori kurang sebanyak 15 sampel (15%).Downloads
Published
2025-03-11
How to Cite
Demu, Y. D. B., Taufiqurraman, T., Soesanti, I., Saleh, A. S., & Duanita, M. H. (2025). Edukasi Gizi dan Tablet Tambah Darah Dalam Mencegah Anemia Pada Remaja Putri Di SMAN Kota Kupang. Jurnal Ners, 9(2), 2210–2216. https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.41308
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






