Literatur Riview : Efektivitas Program Mentorship Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan dan Kompetensi Perawat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.39932Abstract
Asuhan keperawatan merupakan bagian dari pelayanan kesehatan dituntut untuk terus menerus meningkatkan mutu dalam pemberian asuhan keperawatan yang professional. Sehingga perawat diharapkan dapat terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensinya dalam memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas yang sesuai dengan harapan pasien dan keluarga. Program mentorship menjadi salah satu metode yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi perawat. Mentorship merupakan proses transfer ilmu, keterampilan dan sikap dari seorang mentor kepada mentee. Diharapkan setelah dilakukan program mentorship perawat yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, yang tidak mau menjadi mau dan yang tidak mampu menjadi mampu. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program mentorship terhadap pengetahuan, keterampilan dan kompetensi perawat. Metode : Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Artikel yang diambil dari tahun 2019 sampai tahun 2024 untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program mentorship terhadap pengetahuan, keterampilan dan kompetensi perawat. Ketika mencari jurnal digunakan kata kunci “mentorship, mentoring, perawat, pengetahuan, keterampilan dan kompetensi”. Selain itu digunakan juga kata kunci bantu (AND, OR,) agar pencarian yang dilakukan menghasilkan artikel yang lebih spesifik. Kriteria yang menjadi pemilihan artikel adalah artikel yang fulltext yang menyertakan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil : Jumlah artikel yang sesuai kriteria sebanyak 6 artikel berasal dari Google Scholar, 2 artikel dari Portal Garuda Jurnal Indonesia, 2 artikel dari Pubmed dan 2 artikel dari Science Direct. Berdasarkan literatur yang telah dianalisa program mentorship salah satu metode yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi perawat. Kesimpulan : Pelaksanaan program mentorship dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi perawat.Downloads
Published
2025-02-04
How to Cite
Ainun, N., Erika, E., & Wahyuni, S. (2025). Literatur Riview : Efektivitas Program Mentorship Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan dan Kompetensi Perawat. Jurnal Ners, 9(2), 1278–1283. https://doi.org/10.31004/jn.v9i2.39932
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).