Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Harga Diri pada Remaja di SMAN 1 Bangkinang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.30410Abstract
Pada masa remaja merupakan masa-masa sulit dimana remaja menghadapi masalah seperti harga diri rendah. Hal ini disebabkan oleh sikap, interaksi sosial, penghargaan dan penerimaan dari seseorang. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga diri adalah dukungan teman sebaya. Bentuk dukungan yang diberikan seperti dukungan emosional, instrumental dan informasi. Jika remaja menerima dukungan dari teman sebaya maka remaja merasa berharga, mampu dan diterima oleh temannya sehingga harga diri akan meningkat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan harga diri pada remaja di SMAN 1 Bangkinang. Metode penelitian yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian berjumlah 65 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Analisa data menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan dukungan teman sebaya dengan harga diri dengan p value = 0,015 (p?0,05). Kesimpulan mayoritas responden dengan dukungan teman sebaya tinggi sebanyak 37 responden (56,9%) dan mayoritas responden dengan harga diri tinggi sebanyak 40 responden (61,5%). Diharapkan remaja dapat meningkatkan hubungan dengan teman sebaya, melakukan penilaian positif terhadap diri dan tidak menyalahkan diri jika terjadi masalah.Downloads
Published
2024-10-31
How to Cite
Febriana, R. ., Alini, A., Kusumawati, N. ., & Novrika, B. (2024). Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Harga Diri pada Remaja di SMAN 1 Bangkinang. Jurnal Ners, 8(2), 2157–2161. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.30410
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).