Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kesejahteraan Subjektif pada Siswa/i di SMAN 2 Kuok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.30409Abstract
Setiap individu mendambakan kesejahteraan subjektif untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehari harinya, terutama bagi siswa yang seringkali dihadapkan pada keadaan yang sulit. Salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif ini adalah melalui dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan subjektif pada siswa/i di SMAN 2 Kuok tahun 2024. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner yang dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan subjektif dengan nilai p value = 0,001 (p ? 0,05). Diharapkan siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan subjektif dengan cara ikut terlibat dalam acara curhat sekolah, mengkomunikasikan perasaannya dalam berbagai situasi seperti perasaan menyenangkan, mempunyai harapan-harapan yang positif dalam proses belajar, masuk ke komunitas yang dia inginkan.Downloads
Published
2024-10-31
How to Cite
Hidayah, D. ., Alini, A., Z.R, Z., & Novrika, B. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kesejahteraan Subjektif pada Siswa/i di SMAN 2 Kuok. Jurnal Ners, 8(2), 2152–2156. https://doi.org/10.31004/jn.v8i2.30409
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






