Strategi komunikasi BPJS Ketenagakerjaan dalam implementasi program jaminan kehilangan pekerjaan (Studi kasus: BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumatera Barat)

Authors

  • Nicko Alfiansa Universitas Riau
  • Nurjanah Nurjanah Universitas Riau
  • Yasir Yasir Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jutin.v8i1.39471

Keywords:

Communication Strategi, BPJS Ketenagakerjaan, Implementation

Abstract

The COVID-19 pandemic triggered the Large-Scale Social Restrictions (PSBB) policy which had a significant impact on the employment sector in Indonesia, including the high number of Termination of Employment (PHK). In response, the government through BPJS Employment launched the Job Loss Guarantee (JKP) program in 2021 to provide protection for affected workers. This research aims to analyze BPJS Employment's communication strategy in socializing the JKP program in West Sumatra, which recorded a high number of informal workers (61.64%) and low BPJS Employment participation. The research results show that the communication strategy is not optimal due to limited promotional media and the lack of information received by the company and the public. Research recommendations emphasize the importance of implementing two-way communication, increasing the intensity of outreach through print and electronic media, and collaborating with community leaders to reach the informal segment. This strategy is expected to increase public understanding and effectiveness of the implementation of the JKP program

References

Anwar, Prabu A Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agustini,T. 2022. Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Keikutsertaan Masyarakat Dalam Program Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 455-468.

Aprilianty. 2022. Implementasi Strategi Pemasaran Pada BPJS Ketenagakerjaan Bali Denpasar. https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3721%0Ahttp://repository.pnb.ac.id/3721

Budyatna, Muhammad. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Cangara, Hafied. 2020. Edisi Revisi : Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

David, Fred R. Strategic Management Concepts and Cases Thirteenth Edition . New Jersey: Pearson Education Inc, 2007), h. 37.

Ekaningsih,L. 2023. Perlindungan Hukum BPJS Terhadap Hak Ketenagakerjaan Pegawai Masjid Agung Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Hukum Indonesia. 4(1). 63

Fauzy, Akhmad. 2019. Metode Sampling. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Farianingrum,A,Prastyanti,S. 2023. Strategi Komunikasi Corporate Identity BPJS Ketenagakerjaan Melalui Media Digital. Jurnal Kinesik, 10(1),12-28.

Hasibuan, Malayu.S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi n Revisi, Bandung: Bumi Aksara

Hefni, Harjani. 2017. Komunikasi Islam. Jakarta: Prenamedia Group.

Hubeis, Musa. 2014. Manajemen Strategik. Jakarta: PT Gramedia.

Iryuliani, Dian dan Murti Pramuwardhani Dewi. 2022. Tinjauan Yuridis Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) Oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam Memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Bagi Tenaga Kerja. Jurnal Penelitian Mahasiswa Fakultas Hukum.

Jennifer, Kania dan Bayu Novendra. 2021. Jaminan Kehilangan Pekerjaan Dampak Pandemi Covid-19 : Pengaturan, Manfaat, dan Perbandingannya dengan Negara Lain. Jurnal Negara Hukum, Vol. 12 No. 1, Juni 2021.

Khoirunisa, Rizqia. 2017. Memahami Persamaan dan Perbedaan JAMSOSTEK dan BPJS. http://www.pasienBPJS.com, diakses tanggal 3 November 2022.

Mayori,Z. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2(1).

Mulhayat, Niza. Iwan Budhiarta. 2019. Strategi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banda Aceh dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Pensiun. Journal Of Economics Science Vol. 5 No. 2 Oktober 2019 Universitas Ubudiyah Indonesia E-ISSN: 2620-4150.

Nazir, Moch. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : ghalia Indonesia.

Noor, Juliansyah. 2012. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Putri, Nabila Athaya. 2021. Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan Di Kota Administrasi Jakarta Barat, Provinsi Dki Jakarta.

Sari, Permala. 2020. Strategi Komunikasi Humas Bpjs Ketenagakerjaan Rengat dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kecelakaan Kerja. Jurnal Penelitian Mahasiswa FISIPOL Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Silitonga, Chintiya Oktaviani, Solechan, Muhamad Azhar. 2021. Prospek Pemberian Jaminan Kehilangan Pekerjaan Guna Memberikan Perlindungan Hak Pekerja dalam Sistem Hukum Ketenagakerjaan. Administrative Law & Governance Journal. Volume 5 Issue 1, March 2022 ISSN.2621–2781 Online.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa

Supeno, Regina, Desie M.D., Warouw Herry Mulyono. 2016. Peran Komunikasi Bpjs Kepada Pelaku Usaha Tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Studi Pada Pelaku Usaha Di Wilayah Kelurahan Mapanget). e-journal “Acta Diurna” Volume V. No.2. Tahun 2016.

Suryanto. 2013. Membangun Citra Dengan Metode Public Relations. Bandung: CV Arfino Raya, h. 69.

Wijayanti dalam Asri. 2014. Hukum Ketenagakerjaan Pasca Reformasi. Jakarta. Penerbit Sinar Grafika. Hal. 122.

Wiryadi, Kania Jennifer, Bayu Novendra. 2021. Jaminan Kehilangan Pekerjaan Dampak Pandemi Covid-19: Pengaturan, Manfaat, dan Perbandingannya dengan Negara Lain. Negara Hukum: Vol. 12, No. 1, Juni 2021.

Yasir, M. Si. 2011. Buku Ajar Teori Komunikasi . Pekanbaru : Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Alfiansa, N., Nurjanah, N., & Yasir, Y. (2025). Strategi komunikasi BPJS Ketenagakerjaan dalam implementasi program jaminan kehilangan pekerjaan (Studi kasus: BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumatera Barat). Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 8(1), 529–534. https://doi.org/10.31004/jutin.v8i1.39471

Issue

Section

Articles of Research

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.