GAMBARAN KEBIASAAN MAKAN DAN STATUS GIZI REMAJA DI SMAN 1 KAMPAR TAHUN 2017

Authors

  • Widawati Widawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Status gizi merupakan keadaan seseorang atau sekelompok orang yang diakibatkan oleh konsumsi, penyerapan dan penggunaan zat gizi makanan. Masalah gizi pada remaja muncul dikarenakan perilaku gizi yang salah, yaitu ketidakseimbangan antara konsumsi gizi dengan kecukupan gizi yang dianjurkan. Salah satu faktor determinan status gizi adalah faktor kebiasaan makan pada diri seseorang dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebiasaan makan dan status gizi remaja di SMA 1 Kampar . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif, dengan jumlah sampel 67 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan metode simple random sampling. Metode pengumpulan diperoleh dari data primer yaitu dengan formulir food form frequency (FFQ) dan data antropometri remaja dengan menggunakan timbangan dan alat ukur menggunakan microtoise, data sekunder diperoleh dari catatan administrasi sekolah. Hasil peneltian menunjukkan sebagian besar siswa di SMA 1 Kampar memiliki status gizi normal sebanyak 73,1%. Dari seluruh sampel menunjukkan bahwa kebiasaan makan harian dalam kategori baik sebanyak 73,1% dimana nasi menjadi makanan pokok yang paling sering dikonsumsi oleh siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan kebiasaan mengonsumsi makan cepat saji dalam kategori sering sebanyak 47,8% dan tidak ada siswa yang tidak pernah mengonsumsi makanan cepat saji. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan makan harian dan kebiasaan makan cepat saji dapat mempengaruhi status gizi seseorang

References

Almatsier, S., 2011. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Anonim, 2013.

Amelia, AH., 2013. Perilaku Makan Khas Remaja. http://www.kompas.com.

Anggraeni, S.D.,2015. Hubungan Antara Body Image dengan Frekuensi Makan, Jenis Makanan, dan Status Gizi Remaja Putri di SMA Negeri 7 Surakarta. Skripsi, Prodi Ilmu Gizi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Surakarta.

Anonim, 2013. Perkembangan Usaha PT Fast Food Indonesia Tbk. Available from: http://www.kfcindonesia.com/perkembangan-usaha (Accessed 4 Agustus 2017).

Arifin, Leo Akbar. 2015. Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Siswa di Sekolah. Surabaya: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Vol. 3 No. 1: 203-207.

Arisman., 2014. Gizi dalam Daur Kehidupan: Buku Ajar Ilmu Gizi. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran.

Cakrawati, D., dan Mustika, N.H., 2012. Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Departemen Kemenkes RI., 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang website: http://gizi.depkes.go.id.

Dinas Kesehatan Pontianak. 2011. Profil Data Kesehatan Tahun 2010.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Domili, Meyke R. 2015. Hubungan Sarapan dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di SD Negeri 76 Kota Tengah Kota Gorontalo (Skripsi). Gorontalo: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Olahraga.

Ethasari, Rossa Kurnia. 2014. Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Dengan Kesegaran Jasmani Dan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Di Sd Negeri Padangsari 02 Banyumanik (Skripsi). Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Fitri, Shinta Junita, 2011. Kebiasaan Konsumsi Fast Food Pada Siswa yang Berstatus Gizi Lebih di SMA Kartini Batam. Skripsi. Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Heryanti, Evi, 2009. Hubungan Kebiasaan Makan Cepat Saji (Fast Food Modern), Aktivitas Fisik dan Faktor Lainnya Dengan Status Gizi Mahasiswa Penghuni Asrama UI Depok. Skripsi. Fakultas KesehatanMasyarakat, Universitas Indonesia.

Kemenkes RI. 2010. Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta:Direktorat Bina Gizi.

Kusuma, I.A., 2014. Gambaran Pola Makan dan Status Gizi Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi FKM UNHAS Makassar. Jurnal, FKM UNHAS Makassar.

Marpaung, C.A., 2015. Hubungan Pengetahuan, Pola Makan, dan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Gizi Lebih pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Tahun 2015. Skripsi, FKM USU, Kabupaten Kampar.

Notoatmodjo, S., 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Patterson, R., Risby, A. & Chan, Mei-Yen., 2012. Consumption of takeaway and fast food in a deprived inner London Borough: are they associated with childhood obesity?, London: BMJ Open. Available from: http://bmjopen.bmj.com/content/2/3/e000402.full. [Accessed 4 Agustus 2017].

Pertiwi, Irma, Sandjaja, dan Sugeng Wiyono. 2014. Hubungan Sarapan, Kecukupan Energi, dan Protein terhadap Status Gizi Remaja Usia 16 – 18 Tahun di Provinsi Lampung (Analisa Data Sekunder RISKESDAS 2010). Lampung: Nutrire Diaita, Vol. 6 No.1: 28.

Pratiwi, R. 2011. Analisis Faktor Predisposisi, Faktor Pendukung dan Faktor Pendorong terhadap Pola Makan pada Siswi SMA Yayasan Shafiyyatul Amallyyah Kabupaten Kampar Tahun 2010. Skripsi. FKM USU.

Rouhani, M. H. et al., 2012. Fast Food Consumption, Quality of Diet, and Obesity among Isfahanian Adolescent Girls, Isfahanian: Hindawi Publishing Corporation, Journal of Obesity.

Rina R, Oktia Woro. 2008. Kebiasaan Makan Fast Food, Konsumsi Serat, dan Status Obesitas pada Remaja Putri. Jurnal Kemas, 3(2): 185- 195

Riskesdas, 2013. Jakarta: Balitbang Depkes RI.

Sastroasmoro, S. & Ismael, S., 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis.

Jakarta: Sagung Seto.

Savitri, W., 2015. Hubungan Body Image, Pola Konsumsi dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Siswi SMAN 63 Jakarta Tahun 2015.Skripsi, UIN,Jakarta.

Septiyani, R. 2011. Waspada Fast Food (Karya Tulis Ilmiah). Jakarta: Jurusan Teknik Industri Universitas Mercu Buana

Sihaloho, Neni Maynita. 2012. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pola Pemilihan Makanan Siap Saji Modern (Fast Food) pada Pelajar di SMA Swasta Cahaya Kabupaten Kampar Tahun 2012. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, .

Sugondo, S., 2010. Obesitas. In: A. W. Sudoyo, ed. Buku Ajar Penyakit Dalam,

Edisi Kelima. Jakarta: Interna Publishing, pp. 1973-1977

Supariasa, I.D.N. dkk. 2013. Penelitian Status Gizi (Edisi Revisi). Jakarta:

Penerbit Buku Kedokteran EGC

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tanti, M., 2013. Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Kebiasaan Makan Peserta Didik Jasa Boga SMK N 6 Yogyakarta. Skripsi, FT UNY, Yogyakarta.

Tarigan, Elsa Frida, 2012, Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tentang Konsumsi MakananCepat Saji. Skripsi. FKM

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles