PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TASKOMBANG TAHUN PELAJARAN 2025/2026

Authors

  • Murni Ujiyanti Universitas Widya Dharma Klaten
  • Dwi Bambang Putut Setiyadi Universitas Widya Dharma Klaten
  • Tukiyo Tukiyo Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52969

Keywords:

Keterampilan Menulis, Estafet Writing, Pembelajaran Aktif, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V SD Negeri 3 Taskombang Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten melalui penerapan metode Estafet Writing. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan menulis siswa yang ditunjukkan oleh hasil observasi awal, di mana hanya 2 dari 19 siswa yang terampil menulis sesuai kaidah EYD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas V. Data diperoleh melalui observasi aktivitas belajar dan penilaian keterampilan menulis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap aktivitas belajar dan kemampuan menulis siswa setelah penerapan metode Estafet Writing. Pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan menulis siswa sebesar 56,67 dengan ketuntasan 21,06%, sedangkan pada siklus II meningkat hingga mencapai ketuntasan klasikal di atas 85%. Penerapan metode Estafet Writing terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa dalam menulis.

References

Arikunto, S. (2013). Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azimatul Millah Aisyah, & Rokhmansyah, A. (2024). The Use of Estafet Writing Method in Learning Short Story Writing of Grade XI Students of Vocational School. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(2), 165–172. Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

Husni Nur Fadlilah. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa melalui Penggunaan Metode Estafet Writing. Jurnal Studi Pendidikan Islam.

Maya Puspita Sari, & Hasanudin, C. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Metode Estafet Writing pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia.

Rohilah, R., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Estafet Writing. Prosiding Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Kusuma Negara, Indonesia.

Rosdiana Dina. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Estafet Writing terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VIIC SMP Negeri Donggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Seriani Hutasuhut. (2021). The Effect of Estafet Writing Technique on Writing Recount Text at Grade XI Students of MA An-Nur Padangsidimpuan. Tesis. IAIN Padangsidimpuan.

Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 24–31.

Windyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media YouTube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Ujiyanti , M., Setiyadi , D. B. P., & Tukiyo, T. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TASKOMBANG TAHUN PELAJARAN 2025/2026. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8172–8181. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52969

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.