PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KEDISLIPINAN DAN KESADARAN HUKUM SISWA MTS AN-NUR BULULUWANG MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51208Keywords:
Peran Guru Pendidikan Pancasila, Kedisiplinan, Kesadaran HukumAbstract
Kedisiplinan dan kesadaran hukum merupakan karakter penting dalam membentuk pribadi yang berkontribusi pada pembangunan bangsa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Pancasila serta faktor penghambat dalam menumbuhkan kedisiplinan dan kesadaran hukum siswa MTs An-Nur Bululawang Malang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan guru berperan sebagai teladan (modelling), fasilitator pengaturan diri (self-regulation), dan pemberi penguatan (reinforcement). Hambatan yang muncul meliputi perbedaan latar belakang, lingkungan, dan sosial siswa. Upaya guru dilakukan melalui pendekatan personal, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta pembinaan dan penyuluhan mengenai pentingnya kedisiplinan dan kesadaran hukum.References
Adawiyah, R., Arianto, J., & Primahardani, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran PPKn Terhadap Kesadaran Hukum Pada Siswa SMP Negeri 1 Batu Hampar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 14(1), 10. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v14i1.19150
Amanda, P., & Harahap, S. (2024). The Role of Citizenship Education Teachers in Forming Quality Disciplined Student Character and Instilling the Value of Manners. International Journal of Students Education, 2, 70–82. https://doi.org/https://doi.org/10.62966/ijose.v2i2.839
Andriyanti, E., Sayekti, S. P., Sajidah, I., Ayni, N. A., & Sitompul, A. (2024). PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI TATA TERTIB DI MTs AL-HAMIDIYAH. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(4), 1672–1681.
Astuti, N. D. (2024). Implementasi tata tertib dalam meningkatkan kedisiplinan santri dalam mengikuti kegiatan keagamaan di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri [IAIN KEDIRI]. https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13998
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. In Social Learning Theory (Issue October). Prentice-Hall.
Christina Tani, D. G., & Mediatati, N. (2020). Tingkat Kesadaran Hukum Peserta Didik dalam Menggunakan Media Sosial. Journal of Education Technology, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.23769
Elaniati, Noviriani, & Pajrini, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Modeling pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di PAUD Harapan Baru Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 153–170. https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.626
Elkadi, E., & Sharaf, R. (2023). The Impact of Positive Discipline on Students’ Well-being and Academic Achievement: A Case of International School in Cairo. European Scientific Journal, ESJ, 19(16), 1–
15. https://doi.org/10.19044/esj.2023.v19n16p1
Herman, R. (2025). Analisis Pelaksanaan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa SD Negeri 01 Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025 [Skripsi]. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa Sintang.
Huda, M. N. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU
DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 55–85. Muhammad, A., U. M. M. (2025). Peran guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada kelas VII SMPN 2 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat tahun pembelajaran 2024/2025. Journal of Islamic Management Studies, 8(2), 36–48.
https://publications.waim.org.my/index.php/jims/article/view/132/100
Mustakar, Erwin, & Usman. (2024). Efektivitas Sanksi dalam Menanggulangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di MTs Negeri 2 Ketapang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 167–176. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/504/254
Nasution, S., & Sagita, D. (2024). the Role of the Teacher in Learning in Primary School Students.
International Journal of Students Education, 1(2), 55–66.
Pardede, P. D. (2024). Upaya peningkatan kesadaran hukum pengusaha UMKM membuat merek produksi tersendiri dan melakukan pendaftaran pada Kementerian Hukum dan HAM. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10742
Purwanto, D. I., Saputri, E. D., & Khoirotunnisa, A. U. (2020). PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII DI MTs HIDAYATUL
ATHAFAL KALIREJO BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Edutama, 1(1), 1–8.
Sabir, A., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas Xi Sman 1 Sungai Geringging. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 37–46. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.620
Safira, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Edmodoterhadap Literasi Sains Dan Self Regulation Peserta Didik … [UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27999
Saputro, A., David, Rachiem, T. A., & Marethi, D. (2025). Optimalisasi Penerapan IPTEKS dalam Pengembangan Kemandirian Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Abdimas ADPI Sosial Humaniora, 6 (1), 1–8. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v6i1.462
Sylvia, R. (2025). Efektivitas Kebijakan Hukum dalam Penanganan Kasus Bullying di Perguruan Tinggi dan Faktor Penghambat Implementasinya. Disiplin: Jurnal Ilmu Hukum, 31(1), 77–96. https://doi.org/https://doi.org/10.46839/disiplin.v31i1.1166
Widhiantoro, A. (2024). Penerapan Reinforcement Terhadap Motivasi Belajar Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Negeri I Tunggur Tahun Pelajaran 2023/2024. Universitas Veteran Bangun Nusantara, 1–29.
Wulandari, N. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa. Jurnal Attending, 2(4), 1–6. file:///C:/Users/asus/Downloads/46053-205349-1-PB.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhiaqul Firdausi Firamadhani, Harry Sugara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




