PENGARUH TAMAN BACA AL - QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AL - QUR’AN SISWA DI SMKN 65 JAKARTA

Authors

  • Muhammad Muhammad Universitas Islam Jakarta
  • Ishak Syairozi Universitas Islam Jakarta
  • Syahrullah Syahrullah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50801

Keywords:

Taman Baca Al-Qur’an, Motivasi Belajar, SMKN 65 Jakarta.

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber utama hukum Islam yang menjadi pedoman hidup umat Muslim dalam segala aspek kehidupan, baik dalam hal aqidah, sosial, pendidikan, hingga hubungan antara rakyat dan pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran melalui Taman Baca Al-Qur’an terhadap motivasi belajar siswa di SMKN 65 Jakarta, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasi dalam bentuk penelitian deskriptif kuantitatif, dengan dua variabel utama: motivasi belajar (X) dan pembelajaran melalui Taman Baca Al-Qur’an (Y). Variabel X dianalisis melalui indikator seperti kesejahteraan, promosi dan penghargaan, serta perlindungan hak kekayaan intelektual. Sedangkan variabel Y dilihat dari aspek kinerja, perilaku kewarganegaraan, kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara pembelajaran melalui Taman Baca Al-Qur’an dan motivasi belajar siswa, dengan nilai korelasi sebesar 0,94 atau 94%, berdasarkan hasil analisis IBM SPSS versi 26. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui Taman Baca Al-Qur’an memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam mempelajari Al-Qur’an. Penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis taman baca bukan hanya sebagai pembelajaran alternatif, tetapi juga sebagai pendekatan strategis dalam membentuk karakter dan semangat keislaman siswa di lingkungan pendidikan formal. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah lain dalam mengintegrasikan metode serupa guna meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam.

References

Abdul Aziz Abdul Rauf, Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. 2004. Bandung: Pt Syaamil Cipta Media

AL-TURATH. SEJARAH PEMELIHARAAN DAN PEMULIHARAAN MUSHAF AL-QURAN. 2022. Research Centre for al-Quran and al-Sunnah.

Amirul, Hadi dan Haryanto. Metodologi Penelitian Pendidikan untuk IAIN dan Ptain Semua Jurusan Komponen MKK. 1998. Bandung : Pustaka Setia.

Ariani, S Hanifah dan Nadiah. Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Quran Terhadap Pendidikan Karakter (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta). Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11 No. 2, 2024 : 73 – 82.

Arikunto, Surhasimi. Prosedur Penelitin Suatu Pendekatan Praktik. 2019. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Chairani Idris dan Tasyrifin Karim, Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan TK Al- Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesiaa (BKPMI), (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an, Jakarta, 1994), h.2

Hamdani, Muhammad. Penerapan Metode Membaca Al-Qur’an pada TPA di Kecaman Amuntai Utara. Jurnal Ilmiah Al-Qalam, Vol. 11, No. 24, Juli- Desember 2017 : 95-96

Hamzah B. Uno. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. 2017. Jakarta: Pt. Bumi Aksara

Hariandi, A. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di Sdit Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 2019 : 10–21.

Herwani. Peran Guru Sebagai Pelaku Perubahan. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(3), 2022 : 391–396.

HM Rohani Ahmad. Pengelolaan Pengajaran. 2004. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Humna, Kamila dan Nahuda. Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Program Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD) di Man 2 Jakarta. Vol. 5 No. 2, 2024: 112.

Irsan Kahar, Arbaen, dkk. Pengabdian Kepada Masyarakat : Meningkatkan Motivasi Belajaral-Qur’an Melalui Metode Pendampingan Keagamaan. Communnity Development Journal, Vol.4, No. 4, 2023 : Hal. 7198-7204

JP Guilford dalam Fundamental Statistic in psychology and education dalam Sudjono 2011:180.

Morgan C.T.et.al. Instructional to Psychology. New York: McGraw-Hill Book Co. 1986: 138.

Muhammad, A Ramadhan dan Nadiah. Upaya Guru dalam Membentuk Kemampuan Membaca Al-Quran : Survei di SMKN 14 Jakarta. AL-UBUDIYAH : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. Vol. 5 No. 1, 2024 : 250

Muhammad. Studi Ulumul Qur’an. 2003. Bandung : CV Pustaka Setia

Nurchasanah, Arista Dwi. PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN. 2021. Al 'Ulum Jurnal Pendidikan Islam.

Oemar Hamalik. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Pt. Bumi Aksara

Prasetyo Irawan, Suciati, and Wardani IGK. Teori Belajar, Motivasi Dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka. 1996: 34–35.

Sardiman, A.M. Interaksi dan dan Motivasi Belajar-Mengajar. 2011. Jakarta: Rajawali Pers.

Subur. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. 2015. Yogyakarta: Kalimedia

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. 2004. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Ubaid, Majdi. Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an. 2014. Solo : PT. Aqwam Media Profetika

Wulan, Sri, dkk. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Membiasakan Mengaji Ditpa Ash-Sholihin Rw 03 Cipinang, Jatinagor. 2018 : 166–169. Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Pkm/Article/View/16566

Zaki, A Zaki dan Syahrullah. Upaya Guru Agama Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur'an. Al-Masu'ah : Jurnal Studi Islam. Vol. 5. No. 7, 2024.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Muhammad, M., Syairozi, I., & Syahrullah, S. (2025). PENGARUH TAMAN BACA AL - QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AL - QUR’AN SISWA DI SMKN 65 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7646–7654. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50801

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)