TINJAUAN KETERSEDIAAN SIGNAGE (RAMBU) GUNA KELANCARAN PERGERAKAN PENUMPANG DI AREA CHECK-IN BANDAR UDARA ADI SOEMARMO SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44519Keywords:
Signage, Wayfinding, Penumpang, Check-In, Bandar Udara Adi SoemarmoAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk tinjauan ketersediaan signage guna kelancaran penumpang di area check-in Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan kelancaran alur pergerakan penumpang di bandar udara. Identifikasi masalah menunjukkan bahwa penumpang mengalami kesulitan dalam menemukan arah yang benar dan informasi yang diperlukan di area check-in. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan signage dalam menyampaikan informasi kepada penumpang dan pengaruhnya terhadap kelancaran alur pergerakan penumpang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Langkah pertama pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan fenomena- fenomena yang terjadi dengan cara observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signage yang tersedia tertutup oleh pilar dan tidak ditempatkan secara strategis, informasi yang diberikan kurang memadai, sehingga kurang efektif dalam memberikan informasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ketersediaan signage yang memadai dan jelas sangat penting untuk mempermudah penumpang dalam menemukan arah dan informasi yang diperlukan, serta untuk mengurangi kebingungan dan kepadatan di area check-in. Saran yang diberikan adalah peningkatan jumlah dan kualitas signage, penempatan signage yang strategis agar lebih terlihat oleh penumpang, serta penggunaan layar wayfinding dengan pemanfaatan layar digital yang sudah tersedia untuk memberikan informasi yang lebih efektif.References
Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well-being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.
Azalia, G. (2019). Analisis lokasi penempatan papan petunjuk (signage system) di terminal Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 3(3), 1–6. https://ejournal.poltekbangsby.ac.id/index.php/SNITP/article/view/370
Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (ed.2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley.
Dirjen Perhubungan Udara, K. P. (2005). Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/77/VI/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. Kementerian Perhubungan.
Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas kinerja pegawai pada kantor kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office, 3(1), 13. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450
Ginusti, G. N., & Windiyani, S. I. (2023). Analysis of signage availability and its optimization in the departure area of Sams Sepinggan International Airport. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(2), 500–509. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i02.1031
Hantari, A. N., & Ikaputra, I. (2020). Wayfinding dalam arsitektur. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 17(2), 96–104. https://doi.org/10.23917/sinektika.v17i2.11561
ICAO. (2022). Annex 14 to the Convention on International Civil Aviation - Aerodromes - Volume I - Aerodrome Design and Operations (Vol. 9, Issue July). https://store.icao.int/en/annex-14-aerodromes
Indonesia, S. (2018). Metode penelitian. Oxford Art Online, 31–38. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.t057475
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 30 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara.
Menteri Perhubungan. (2005). Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-7094-2005 mengenai rambu-rambu di terminal bandar udara sebagai standar wajib.
Nastiti, B. K. (2018). Peran sistem signage pada elemen interior Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara. Seminar Nasional Desain Sosial.
Ngurah Sastra Agustika, G., Wulandari, I. G. A. A., & Jayanta, I. N. L. (2019). Importance-performance analysis sebagai alat evaluasi kualitas pelayanan pendidikan tinggi (Studi kasus FIP Universitas Pendidikan Ganesha). Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 300.
Ningtyas, M. (2014). Penerapan metode laba kotor. Metode Penelitian, 32–41.
Pandawangi, S. (2021). Metodologi penelitian. 4, 1–5.
Prasetyo, W. I., & Ulfa, R. (2023). Analysis of the role of aviation security officers (Avsec) in checking passengers and goods in the new normal era at H. Asan Sampit Airport, Central Kalimantan. Jurnal Mahasiswa, 5(1), 167–173.
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (Vol. 2, Issue 5).
Rosia, I., Derta, S., Efriyanti, L., & Okra, R. (2022). Penerapan aplikasi ArcGIS dalam pembuatan peta topografi pada pendidikan navigasi darat. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 862–871.
Saptutyningsih, T., & Setyaningrum, R. (2019). Metode penelitian. http://repository.stei.ac.id/1738/4/BAB III.pdf
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Suprianingsih, S. (2020). Perancangan sign system Taman Wisata Hairos Indah. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 6(1), 79–91. https://doi.org/10.22303/proporsi.6.1.202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sardiansyah Rosi Qosim , Kardi Kardi, Feri Adriansyah, Ayu Kumala Pratiwi, Muhammad Chandra Kusumah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




