HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA PANTI ASUHAN THE RELATIONSHIP BETWEEN SELF EFFICACY AND SELF ADJUSTMENT IN ADOLESCENTS IN ORPHANAGES
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43530Keywords:
OrphanageAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan penyesuaian diri pada remaja panti asuhan, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian terdiri dari remaja Panti Asuhan Woro Wiloso Salatiga berusia 13-18 tahun, dengan sampel sebanyak 60 responden yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa angket menggunakan skala Likert, terdiri dari skala self-efficacy dan skala penyesuaian diri. Uji daya diskriminasi menunjukkan 21 item valid untuk self-efficacy dan 23 item valid untuk penyesuaian diri, dengan kriteria korelasi item-total ≥ 0,30. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha menghasilkan nilai 0,783 untuk self-efficacy dan 0,786 untuk penyesuaian diri, yang menunjukkan instrumen self-efficacy reliabel, sementara penyesuaian diri memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. Hasil analisis data menunjukkan mayoritas responden memiliki tingkat self-efficacy dan penyesuaian diri yang cukup baik dengan variasi dalam batas wajar.References
Aqila, F. Y., Prihartanti, N., & Asyanti, S. (2022). Peningkatan Penyesuaian Diri Remaja Panti Asuhan melalui Pelatihan Regulasi Emosi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 297–306. https://doi.org/10.15575/psy.v8i2.6681
Maimunah, S. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 275. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4911
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382
Nurmalia, T., Choirunnisa, D., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2020). Self Efficacy Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Konseling Kelompok Pada Peserta Didik Sma. Visipena, 11(2), 404–415. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1298
Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i1.284
Riyanti, C., & Darwis, R. S. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 569. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.32150
Rahma, A. N. (2011). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 8(2), 231–246. https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.1551
Soleh, A. I., & Permadi, D. A. (2024). Efikasi diri dan penyesuaian diri siswa baru Sekolah Menengah Atas. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 3(2), 94–101. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2024.v3i2.94-101
Sujadi, E., Meditamar, M. O., Ahmad, B., & Artikel, I. (2022). Pengaruh Stres Akademik dan Self-Efficacy terhadap Penyesuaian Diri Santriwati Pondok Pesantren Tahun Pertama: Efek Mediasi Self-Esteem. Ijgc, 11(3), 64–80. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Sa’idah, S., & Laksmiwati, H. (2017). Dukungan Sosial dan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Tingkat Pertama di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(2), 116. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n2.p116-122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yemima Claudya br Sembiring, Dewita Karema Sarajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.