ANALISIS KESALAHAN PADA SISWA KELAS IX SMP DALAM MENYELESAIKKAN SOAL MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38421Keywords:
Analisis kesalahan,Bangun Datar,Prosedur Newman.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar pada siswa kelas IX SMP Swasta PAB 1 Klumpang pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX-1 SMP Swasta PAB 1 Klumpang sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan soal atau tes kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah 2 soal cerita, yang kemudian di analisis berdasarkan prosedur Analisis Newman yang terbagi dalam 5 (lima) tahap kesalahan diantaranya membaca masalah, memahami masalah, mentransformasi masalah, keahlian memproses serta menulis jawaban akhir. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kesalahan yang dialami oleh siswa dalam tahapan membaca permasalahan senilai 36% siswa, kesalahan dalam tahapan memahami masalah sebanyak 72% siswa, kesalahan dalam tahapan mentransformasikan masalah senilai 46% siswa, kesalahan dalam keahlian memproses senilai 58% siswa, serta kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 54% siswa.References
Amelia, F. S., Sugiarti, T., Surya, F. H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). urnal Profesi Keguruan, 5(1), 42-49.
Atika,F,R.,Yuhana,Y.,& Syamsur.(2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Masalah Cerita Variabel Berdasarkan Prosedur Newman.PJRM(Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika).1-7.
Brown, Janice, Kim Skow, and IRIS Center. 2016. Mathematics: Identifying and Addressing Student Errors Nature and Dirstribution of Variables.
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642.
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi kekongruenan dan kesebangunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 817-826.
Hadaming, H., Wahyudi, A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia. 1(4)
Halamury, W., Sohilait, E., Ramdhayani, S. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS SISWA KELAS VII SMP YOS SOEDARSO MASOHI. ELIPS: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 53-68.
Nufus, H., et all.(2022) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs. Jurnal Cendikia:Jurnal Pendidikan Matematika.06(02)
Teresa Agnes, P. (2023). Penerapan Prosedur Newman Pada Soal Cerita Berbasis Pemecahan Masalah Operasi Pecahan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.6(4)
Santoso, D. A., A. Farid, and B. Ulum. 2017. “Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Program with NEA Procedure.” In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 855
Sari, F. K.,Ngatma.,& Wahyudi. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Patikraja Tahun Ajaran 2021/2022.
Sri, E. N., Rahmi, D., Kurniati, A., Nur, Y. A. (2022). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(4), 335 – 342.
Sumartini, T. S., & Safitri, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Prisma, 11(2), 302-309.
Suryani, M., & Delyana, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Topik Sisitem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 157-170.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arbaiti Br Ginting, Dilla Ulfa Aulia, Ixshan Budi Anindya, Muhammad Amin Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




