PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMP ISLAM UMMULQURA INDONESIA

Authors

  • Sri Novayanti Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model penerapan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi dan basa di SMP Islam Ummulqura Indonesia. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posstest control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Ummulqura Indonesia. Parameter yag diukur pada penelitian ini adalah hasil belajar berupa hasil tes kognitif. Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik dilakukan dengan uji beda dua rata-rata, dengan uji-t, jenis uji yang digunakan adalah independent simple t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi asam dan basa di SMP Islam Ummulqura Indonesia.

References

Chasiah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penentuan Sifat dan PH Larutan Asam-Basa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Panti. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah. 3 (3), PP. 227-236.

Gautama dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksa, (3) 2, PP. 83-89.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Istiqomah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Small-Scale Chemistry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kelas XI IPA SMA 1 Talun. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. 13 (2), PP. 652-659.

Kadri, M, & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Putrayasa, I Made., Syahruddin, H. dan Margunayasa, I Gede. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 3 (1), PP 20-21.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Novayanti, S. . (2024). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMP ISLAM UMMULQURA INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17028–17032. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38157