MODEL BISNIS MEDIA BUMN TRACK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DAN DAYA SAING DI ERA DIGITAL

Authors

  • Syamsudin Hadi Sutarto IPWIJA Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37493

Keywords:

Model Bisnis, Media Digital, Transformasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis media BUMN Track dalam mempertahankan eksistensi dan daya saing di era digital. Menggunakan metode studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi strategi transformasi digital, diferensiasi konten, dan diversifikasi pendapatan yang diterapkan oleh BUMN Track. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital merupakan langkah strategis untuk meningkatkan jangkauan audiens dan efisiensi operasional. Diferensiasi melalui fokus pada konten spesifik seputar BUMN menjadi keunggulan kompetitif, namun membutuhkan inovasi format agar tetap relevan. Diversifikasi pendapatan, termasuk melalui monetisasi digital, dinilai krusial untuk keberlanjutan bisnis. Kolaborasi dengan BUMN lain dalam ekosistem digital juga diidentifikasi sebagai peluang strategis untuk memperkuat posisi BUMN Track di pasar media digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan BUMN Track bergantung pada kombinasi transformasi teknologi, inovasi konten, dan kerja sama strategis. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pemahaman model bisnis media milik pemerintah dan menawarkan rekomendasi praktis untuk meningkatkan daya saing di era digital.

References

Dahlan, D., Wibowo, H., Arsyad, M. F., Abdurachman, A. A., & Puspita, S. M. R. (2021). Transformasi Digital Perkeretaapian Di Eropa Dan Indonesia. Jurnal Sistem Transportasi & Logistik, 1(1).

Firdausy, C. M. (2021). Memajukan logistik Indonesia yang berdaya saing. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Firmansyah, T. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA PT IZZA ELEKTRIKA INSPEKSI SOLUSINDO SEBAGAI SOLUSI TERHADAP BRAND AWARENESS. UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

Harman, H. (2020). Get The Essence!: Menciptakan Bintang Kehidupan (Vol. 1). PT. Rayyana Komunikasindo.

Indonesia, I. B. (2020). Eksistensi Bankir Dalam Dinamika Perbankan Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Ir Amir Fikri, M. M., Tamara, I. D., Afandi, F. A., TP, S., Ir Musdhalifah Machmud, M. T., Tarigan, I. N. P., Comm, P. H. M., & Wahyuningsih Santosa, M. E. (2021). Keberlanjutan dalam Perspektif Bisnis dan Inklusifitas. Scopindo Media Pustaka.

Kusuma, F. I. M. (2022). STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN. UIN Surakarta.

Manurung, E. H. (2022). Penggunaan Media Sosial dan Teknologi yang Efektif di Desa. Penerbit Widina.

Rachman, N. M. (2019). Analisis Strategi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan Menuju Corporate University. Cendekia Niaga, 3(2), 12–28.

Rahmayani, D., Sulistiyowati, M. I., Rasendriyo, B., Ibrahim, B. F., Sabita, R. W., Putri, F. A., Sarwestri, Q. L. N., Utami, S. D., Dibangsa, A. P., & Mustofa, A. A. (2023). Ekonomi Kelembagaan dan Digitalisasi Sektor Pertanian. Penerbit NEM.

Rengganis, D. R. D. P., & SH, M. H. (2021). Hukum persaingan usaha: perangkat telekomunikasi dan pemberlakuan persetujuan ACFTA. Penerbit Alumni.

Rofiq, A., Suryadi, N., Anggraeni, R., Makhmut, K. D. I., & Aryati, A. S. (2023). Meningkatkan Daya Saing UKM: Perspektif Strategis. Universitas Brawijaya Press.

Saragih, D. R. U. (2024). Manajemen Strategik dan Keberlanjutan Bisnis. MEGA PRESS NUSANTARA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wangke, H. (2021). Diplomasi digital dan kebijakan luar negeri Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Yunus, A. (2019). Menguatkan Akar Filosofis Bumn Dalam Arus Industrialisasi: Kritik Terhadap Basis Pemikiran Era Revolusi Industri. Jurnal Jurisprudence, 9(1), 17–38.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Sutarto , S. H. . (2024). MODEL BISNIS MEDIA BUMN TRACK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DAN DAYA SAING DI ERA DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16263–16267. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37493