PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI Z

Authors

  • Moulida Azizah Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Raja Oloan Tumanggor Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Gea Hayfatunisa Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Adinda Andriyani Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Shyakia Niziliani Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Ananda Natahsya Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37412

Keywords:

Moderasi Beragama, Generasi Z, Media Sosial

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan tingkat keberagaman budaya, suku, dan agama yang tinggi, memiliki peran penting dalam menjaga toleransi dan persatuan di tengah perbedaan keyakinan. Perkembangan teknologi digital, termasuk media sosial, telah mengubah cara masyarakat berkomunikasi, memperoleh informasi, dan membentuk pandangan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna Generasi Z terbesar, yaitu generasi yang sangat terhubung secara digital dengan pandangan progresif dan inklusif. Media sosial memiliki potensi besar untuk berperan dalam menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama, mempromosikan perdamaian dan kerukunan sosial di antara berbagai keyakinan agama di Indonesia. Namun, tantangan seperti memastikan keabsahan informasi dan mencegah penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian menjadi tantangan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau pemahaman mendalam tentang suatu fenomena tertentu berdasarkan pengumpulan data dari sumber-sumber yang ada tanpa melakukan eksperimen secara langsung.

References

Agustias, M. R. (2021). Perspektif Moderasi Beragama Dari Berbagai Aspek Kehidupan (Pendidikan, Ekonomi, Sosial, Budaya, Kesehatan, dan Politik) (D. Indriana (ed.)). Media Madani.

Arsana, I, N, A., Purnawati, N, W., Handoko. (2023). SIKAP MODERASI BERAGAMA

DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. Jurnal Fisalfat Agama Hindu, 14(2). https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/WK

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (n.d). Survei Internet APJII. Retrieved October 6, 2024, from https://survei.apjii.or.id

Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Eraspace. (n.d.). Hasil studi ungkap Gen Z jadi yang terbanyak gunakan internet. Eraspace. Retrieved October 6, 2024, from https://eraspace.com/artikel/post/hasil-studi-ungkap-gen-z-jadi-yang-terbanyak-gunakan-i nternet

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Education.

Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Pesan Agama dan Perubahan Sosial. Pusaka, 11(2), 359–372. https://doi.org/10.31969/pusaka.v11i2.1242

Juniarti Iryani, & Nurwahid Syam. (2023). Peran Media Sosial dalam Menyebarkan Pesan Agama dan Perubahan Sosial. Pusaka, 11(2), 359–372. https://doi.org/10.31969/pusaka.v11i2.1242

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Khellaviani Syifa. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP

KESEHATAN MENTAL GENERASI Z. IJBITH Indonesian Journal of Business Innovation, Technology and Humanities, 1(1), 140–149. https://journal.drafpublisher.com/index.php/ijith/article/view/162

Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World, Proceeding Indonesian Carrier Center Network. ICCN, 1(1), 21–24.

http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/ICCN/article/view/2721

Rahman, A., & Hakim, L. (2020). Peran media sosial dalam menyebarkan nilai moderasi beragama di Indonesia. Jakarta: Penerbit XYZ.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA. Interaksi Online, 6(4), 490–501.

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/21950 Seemiller, C., & Grace, M. (2016). Generation Z: century in the making. Routledge.

Sucipta, I, P, A., Pranata, I, P, Y., Wea, I, S. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS OLEH GENERASI Z,

https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/download/6142/4669/13847.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. We Are Social. (2023). Digital 2023: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia.

Sumintak, S., & Sumirat, I. R. (2022). Moderasi Beragama dalam Perspektif Tindakan Sosial Max Weber. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.15548/al-adyan.v3i1.4085

Yusuf, M.Zulfikar., & Destita Mutiara. (2022) "Diseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementerian Agama." Dialog : 227- 137

Zulita, M. A., Hamidah, M. N., & Halid, M. N. (2021). Peran Moderasi Beragama dalam Kehidupan Bermasyarakat di Masa Pandemic Covid19 (H. Taqiyuddin (ed.)). Haura Publishing

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Azizah, M. ., Tumanggor, R. O. ., Hayfatunisa, G. ., Andriyani, A. ., Niziliani, S. ., & Natahsya, A. . (2024). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI Z. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16205–16210. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37412