PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37412Keywords:
Moderasi Beragama, Generasi Z, Media SosialAbstract
Indonesia sebagai negara dengan tingkat keberagaman budaya, suku, dan agama yang tinggi, memiliki peran penting dalam menjaga toleransi dan persatuan di tengah perbedaan keyakinan. Perkembangan teknologi digital, termasuk media sosial, telah mengubah cara masyarakat berkomunikasi, memperoleh informasi, dan membentuk pandangan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna Generasi Z terbesar, yaitu generasi yang sangat terhubung secara digital dengan pandangan progresif dan inklusif. Media sosial memiliki potensi besar untuk berperan dalam menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama, mempromosikan perdamaian dan kerukunan sosial di antara berbagai keyakinan agama di Indonesia. Namun, tantangan seperti memastikan keabsahan informasi dan mencegah penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian menjadi tantangan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau pemahaman mendalam tentang suatu fenomena tertentu berdasarkan pengumpulan data dari sumber-sumber yang ada tanpa melakukan eksperimen secara langsung.References
Agustias, M. R. (2021). Perspektif Moderasi Beragama Dari Berbagai Aspek Kehidupan (Pendidikan, Ekonomi, Sosial, Budaya, Kesehatan, dan Politik) (D. Indriana (ed.)). Media Madani.
Arsana, I, N, A., Purnawati, N, W., Handoko. (2023). SIKAP MODERASI BERAGAMA
DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. Jurnal Fisalfat Agama Hindu, 14(2). https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/WK
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (n.d). Survei Internet APJII. Retrieved October 6, 2024, from https://survei.apjii.or.id
Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Eraspace. (n.d.). Hasil studi ungkap Gen Z jadi yang terbanyak gunakan internet. Eraspace. Retrieved October 6, 2024, from https://eraspace.com/artikel/post/hasil-studi-ungkap-gen-z-jadi-yang-terbanyak-gunakan-i nternet
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Education.
Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Pesan Agama dan Perubahan Sosial. Pusaka, 11(2), 359–372. https://doi.org/10.31969/pusaka.v11i2.1242
Juniarti Iryani, & Nurwahid Syam. (2023). Peran Media Sosial dalam Menyebarkan Pesan Agama dan Perubahan Sosial. Pusaka, 11(2), 359–372. https://doi.org/10.31969/pusaka.v11i2.1242
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Khellaviani Syifa. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP
KESEHATAN MENTAL GENERASI Z. IJBITH Indonesian Journal of Business Innovation, Technology and Humanities, 1(1), 140–149. https://journal.drafpublisher.com/index.php/ijith/article/view/162
Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World, Proceeding Indonesian Carrier Center Network. ICCN, 1(1), 21–24.
http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/ICCN/article/view/2721
Rahman, A., & Hakim, L. (2020). Peran media sosial dalam menyebarkan nilai moderasi beragama di Indonesia. Jakarta: Penerbit XYZ.
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA. Interaksi Online, 6(4), 490–501.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/21950 Seemiller, C., & Grace, M. (2016). Generation Z: century in the making. Routledge.
Sucipta, I, P, A., Pranata, I, P, Y., Wea, I, S. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS OLEH GENERASI Z,
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/download/6142/4669/13847.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. We Are Social. (2023). Digital 2023: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia.
Sumintak, S., & Sumirat, I. R. (2022). Moderasi Beragama dalam Perspektif Tindakan Sosial Max Weber. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.15548/al-adyan.v3i1.4085
Yusuf, M.Zulfikar., & Destita Mutiara. (2022) "Diseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementerian Agama." Dialog : 227- 137
Zulita, M. A., Hamidah, M. N., & Halid, M. N. (2021). Peran Moderasi Beragama dalam Kehidupan Bermasyarakat di Masa Pandemic Covid19 (H. Taqiyuddin (ed.)). Haura Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moulida Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.