KETERKAITAN TAWURAN DENGAN FAKTOR EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL

Authors

  • Delila Agustina Nasution Universitas Negeri Medan
  • Nurul Atira Universitas Negeri Medan
  • Shafa Al Muhajir Universitas Negeri Medan
  • Selvia Andriani Putri Damanik Universitas Negeri Medan
  • Adriel Surbakti Universitas Negeri Medan
  • Siti Syariah Azimah Universitas Negeri Medan
  • Ika Purnamasari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37201

Keywords:

Tawuran Remaja, Faktor Ekonomi, Lingkungan Sosial, Kekerasan Pelajar, Intervensi Preventif

Abstract

Tawuran antar remaja merupakan masalah sosial yang terus meningkat di perkotaan Indonesia, terutama di kalangan pelajar SMA dan SMK. Fenomena ini seringkali dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan lingkungan sosial, yang memperkuat risiko keterlibatan remaja dalam kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara faktor ekonomi dan lingkungan sosial terhadap kecenderungan remaja terlibat dalam tawuran. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif, mengumpulkan data dari jurnal, buku, dan artikel penelitian relevan dalam lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi yang rendah sering kali memicu perasaan rendah diri dan agresivitas, sedangkan lingkungan sosial yang tidak kondusif, termasuk lingkungan keluarga dan sekolah yang minim pengawasan, memperparah risiko keterlibatan dalam tawuran. Intervensi yang efektif mencakup pendekatan preventif melalui pendidikan moral dan dukungan sosial baik dari keluarga maupun sekolah untuk menekan kecenderungan tawuran.

References

Annisa Intan Maharani, Agnes Clara Nainggolan, Istiharoh Istiharoh, Pramasheila Arinda Putri, & Riyan Adhitya Pratama. (2023). Analisis Fenomena Penyimpangan Sosial: Tawuran Remaja Dalam Teori Anomie Emile Durkheim. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(3), 139–154. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i3.978

Hamdani, F., Setyawan, A., Kurniawan, Z., Toni, T., Wisnuhidayat, R. A. G. S., Anshori, A., & Andreanus. (2024). ANALISIS FENOMENA TAWURAN ANTAR PELAJAR DENGAN TEORI DIFFERENTIAL ASSOCIATION. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 235–245.

Ilmi, A. A., & Nst, F. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Menanggulangi Tawuran Antar Pelajar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2079–2090. https://jurnaldidaktika.org

Ingtyas, F. T. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Mencegah Tawuran Antar Pelajar. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 1–12. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8769

Laura, R. N., & Purwokerto, U. M. (2024). Pencegahan Tawuran Antar Pelajar Melalui Pendekatan Restorative Justice. Proceedings of Seminar International Legal Development in Twenty-First Century Era, 17, 377–381. https://doi.org/10.30595/pssh.v17i.1145

Lumopa, B. A., & Sumarwan, U. (2024). Pengaruh Lingkungan Terhadap Karakter Remaja Yang Melakukan Tawuran di Daerah “X” Jakarta Selatan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13598–13610.

Nasution, A. S., Harahap, A. S., & Manik, Y. K. A. (2024). Pengaruh Literasi Hukum Terhadap Minat Tawuran Siswa SMK Swasta Dwiwarna Medan. Journal on Education, 06(02), 15380–15386.

Prabowo, E. A., Arijano, L., Putra, A., & Alfiyan, A. (2024). Tinjauan Yuridis Faktor Pemicu Dan Pendekatan Intervensi Tawuran Remaja Di Bandar Lampung. MANDUB: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2(1), 282–293.

Prasasti, S. (2017). Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Saputra, F., Maemun, H. F., Oktian, N. A. R., & Pertiwi, Y. W. (2024). Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Tawuran Pada Siswa SMK di Kota Bekasi. Jurnal Psikologi, 1(4), 16. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2807

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Nasution, D. A. ., Atira, N. ., Muhajir, S. A. ., Damanik, S. A. P. ., Surbakti, A. ., Azimah, S. S. ., & Purnamasari, I. . (2024). KETERKAITAN TAWURAN DENGAN FAKTOR EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16124–16129. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37201

Most read articles by the same author(s)