PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TERHADAP KREATIFITAS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 078 PANYABUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37145Keywords:
Pembelajaran Tematik Terpadu, Kreativitas, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pendekatan pembelajaran tematik terpadu terhadap perkembangan kreativitas siswa di Sekolah Dasar Negeri 078 Panyabungan. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema, sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan menyeluruh. Kreativitas adalah salah satu keterampilan penting yang harus dikembangkan sejak dini, terutama dalam konteks pendidikan dasar. Melalui studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber yang relevan untuk mengidentifikasi manfaat dan tantangan dari penerapan pendekatan tematik terpadu pada kreativitas siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan tematik terpadu memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, motivasi, keterlibatan siswa, serta keterampilan kolaboratif mereka. Pendekatan ini juga membantu siswa untuk memahami konsep pembelajaran secara lebih mendalam dengan menggunakan konteks kehidupan nyata yang relevan. Meski demikian, terdapat tantangan dalam penerapan yang memerlukan dukungan pelatihan bagi para pendidik untuk mencapai efektivitas yang optimal. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pelatihan yang memadai bagi guru agar mereka dapat mengimplementasikan pendekatan ini dengan lebih baik, serta perlunya penelitian lanjutan untuk mengevaluasi dampaknya secara jangka panjang. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pembelajaran tematik terpadu dapat menjadi alat yang efektif dalam mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar.References
Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic literature review: Pengaruh media pembelajaran digital pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115.
Amelia, S., & Sukma, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4159–4165.
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model radec pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443.
Aripin, Z., Faisal, I., & Redjeki, F. (2024). pdf ANALYSIS OF CONSUMER INTENTION TO PURCHASE SMART ROBOTIC PRODUCTS AND SERVICES IN INDONESIA: A THEORY OF PLANNED BEHAVIOR APPROACH. KRIEZ ACADEMY: Journal of Development and Community Service, 1(9), 1–13.
Arjang, A., Utami, E. Y., & Redjeki, F. (2024). Utilization of Social Media and Online Platforms in Improving Customer Engagement of Fashion SMEs in Bali. West Science Business and Management, 2(01), 29–36.
Fatimah, F., Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Pengaruh pembelajaran tematik terpadu connected terhadap pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 110–120.
Fauziah, U., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(2), 2836–2845.
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 79–88.
Haryaman, A., Amrita, N. D. A., & Redjeki, F. (2024). SECURE AND INCLUSIVE UTILIZATION OF SHARED DATA POTENTIAL WITH MULTI-KEY HOMOMORPHIC ENCRYPTION IN BANKING INDUSTRY. Journal of Economics, Accounting, Business, Management, Engineering and Society, 1(9), 1–13.
Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517.
Hazimah, N., & Muhammadi, M. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 25–32.
Junaedi, D., Redjeki, F., & Priadi, M. D. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur. Indonesian Journal of Economic and Business, 1(2), 106–120.
Muzria, W., & Indrawati, T. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2232–2238.
Najib, D. A., & Elhefni, E. (2016). Pengaruh penerapan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) pada pembelajaran tematik IPS terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jip Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28.
Nilasari, Y., Nuraliati, A., Aini, N., Redjeki, F., Pertiwi, T. P., & Hasan, S. (2024). PELATIHAN LITERASI KEUANGAN UNTUK PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4078–4082.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.
Novita, D., & Fitria, Y. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Self Directed Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1023–1031.
Oktaviani, W., & Halim, A. (2021). Pengaruh pembelajaran tematik terpadu tipe webbed berbasis kearifan lokal terhadap minat belajar pada sdn gudang tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1005–1014.
Putri, J. E., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 3115–3125.
Rahmi, N., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2715–2722.
Redjeki, F. (2015). Suatu Tinjauan Keamanan Pembayaran Transaksi Perdagangan Internasional Dengan Menggunakan Letter of Credit. Jurnal Techno-Social Ekonomi, 8(2).
Redjeki, F. (2021). ANALYSIS OF HUMAN RESOURCES MANAGEMENT IN THE NEW NORMAL ERA TO DEVELOP LEARNING STRATEGIES. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 4(2), 7–14.
Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of digital marketing for MSME players as value creation for customers during the COVID-19 pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40–55.
Redjeki, F., & Sugihartanti, V. P. (2017). Documentary Credit As A bank Instrument That Can Provide Payment Assurance For Exporter. Academic Research International, 8(4), 228–238.
Sari, E., Sumarno, S., & Putri, A. D. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150–157.
Sophan, I., Wahyuni, R. S., Redjeki, F., Herlina, H., & Purnama, S. A. (2023). SANTRI DIGITAL BERINOVASI DALAM BERWIRAUSAHA di DESA BENJOT CUGENANG CIANJUR JAWA BARAT (Rumah Tahfidz Baitul Qur’an Al-Karim Benjot). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–24.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukerti, N. N., Marhaeni, M. A. P. A. A. I. N., & Suarni, M. S. P. N. K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. Ganesha University of Education.
Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243.
Triswadani, R. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD.
Winarni, E. W., Dadi, S., & Lusa, H. (2017). Pengaruh pembelajaran tematik terpadu menggunakan discovery learning terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar tentang peninggalan sejarah. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ali Yusron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.