PROGRAM DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGI ANAK USIA 4-5 TAHUN (STUDI FENOMENOLOGI PADA DAYCARE KOTA PALEMBANG)

Authors

  • Loly Meilanda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amir Hamzah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nyimas Atika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Choirunniswah Choirunniswah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yecha Febrieanitha Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37058

Keywords:

Program Diniyah, Karakter Religi, Anak Usia 4-5 Tahun.

Abstract

Daycare Permatahati merupakan sebuah tempat penitipan anak yang  ditujukan untuk anak usia 3 bulan sampai usia 5 tahun. Program yang diberikan Daycare Permata Hati ini adalah pengasuhan dan pembelajaran yang berbasis islami, dan program kemandirian yang bertujuan untuk menciptakan generasi yang mandiri dan berakhlakul karimah. Di Daycare Permatahati memiliki suatu program pembelajaran yaitu program diniyah yang mana kegiatannya adalah sebagai berikut: 1) Praktek sholat, 2) Doa-doa Pendek, 3) Hadist Pendek, 4) Kalimat Thayyibah. Adapun tujuan dari program diniyah ini adalah Memberikan bekal ilmu pendidikan islam untuk menciptakan generasi yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah. Selain itu  program diniyah ini bertujuan memberikan pemahaman dan pendalaman mengenai pengetahuan agama islam, serta pembiasaan baik yang bertujuan untuk membentuk generasi yang berakhlakul karimah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah Miles Huberman dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil bahwa implementasi program diniyah di Daycare Permatahati Palembang bagi orang tua dan pendidik sudah terlaksana dengan baik dalam membentuk karakter religi anak usia 4-5 tahun. Jadi, pelaksanaan program diniyah yang dilakukan oleh pendidik berdampak baik pada sebagian peserta didik yang mengikuti program pembelajaran.

References

Aini, S. Dkk. (2022). Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta : Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Arnild A. M. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehetan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3). Hal 150-151.

Atika, M. Dkk. 2022. Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama Untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini Di TPA. (Universitas Muhammadiyah Surakarta: Buletin KKN Pendidikan), 4(1), ISSN 2716 0327.

Desi, K. (2017) Manajemen Sarana dan Prasarana di Daycare Baby’s Home Salatiga. Jurnal Scholaria, 7(1). Hal 18.

Erman, S. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Erni, Y & M. Fadlillah. 2021. Penanaman Karakter Religius Melalui Program Keagamaan Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bungkal. Jurnal Edupedia:Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 5(1). Hal 56. ISSN 2614 1434.

Glorya, Loloagin, dkk.(2023). Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. Journal On Education, Vol 05, No. 03. http://jonedu.org/index.php/jo.

Harris Iskandar. (2019). Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kemendikbud Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan PAUD.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137. Jakarta : Kemendikbud.

Lailatur, R. (2023) Implementasi Program Madrasah Diniyah Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. Fiqrotuna; Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 17(1).

Maharani, S., Kholid, M. N., Pradana, L. N., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in the Context of Computational Thinking. Infinity Journal, 8(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p109-116

Nurul, I. Dkk. (2023). Manajemen Madrasah Diniyah Fathul ‘Ulum Puton Diwek Jombang. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. 7(1). Hal 33-39.

Paskalina, W.R. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar : Tahta Media Group.

Pradana, L., Sholikhah, O., Maharani, S., & Kholid, M. (2020). Virtual Mathematics Kits (VMK): Connecting Digital Media to Mathematical Literacy. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(3), 234–241.

Rhifa, L. & Ashif A. Z. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Persfektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(5). Hal 517. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3576

Romandoni, H. R., Maharani, S., Firdaus, T. C. M., & Septyawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Games Computational Thinking dalam Pembelajaran. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 20-28.

Samudin, dkk. (2022). Manajemen Pendidikan Islam (Teori dan Implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi). Yogyakarta : CV Bintang Semesta Media.

Santy, A. (2021). Karakter Religius Sebuah Tantangan Dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media. Hal 29.

Septyawan, A., Soleh, D. R., & Ricahyono, S. (2023). Publication Trends in Indonesian Language Teaching: Focus on'Making Effective Sentences'(2014-2023). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6782-6792.

Siahaan, E. Y. S., Muhammad, I., Dasari, D., & Maharani, S. (2023). Research on Critical Thinking of Pre-service Mathematics Education Teachers in Indonesia (2015-2023): A Bibliometric Review. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19734

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trimuliana, I. Dkk. 2019. Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun Pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). Hal 571.

Yulinda, H. (2016). Layanan Anak Usia Dini/Prasekolah Dengan “Full Day Care” Di Taman Penitipan Anak. Jurnal Prosiding KS. Riset&PKM. 3(2). Hal 287.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Meilanda, L. ., Hamzah, A. ., Atika, N. ., Choirunniswah, C., & Putri, Y. F. . (2024). PROGRAM DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGI ANAK USIA 4-5 TAHUN (STUDI FENOMENOLOGI PADA DAYCARE KOTA PALEMBANG). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16005–16013. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37058