EFEKTIVITAS WORDWALL TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA

Authors

  • Tinta Julianawati Universitas Awal Bros
  • Ridni Husnah Universitas Awal Bros
  • Rici Gusti Maulani Universitas Awal Bros
  • Fitri Arnanda Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36795

Keywords:

Anemia, Pengetahuan, Wordwall

Abstract

Anemia merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk diketahui oleh remaja putri. Dari data yang didapatkan 28,1% persen remaja putri di Indonesia mengalami anemia. Dampak remaja putri jika mengalami anemia dapat menurunkan kualitas kerja dalam kehidupan sehari-hari, mencegah terjadinya perdarahan dan penting dalam mempersiapkan kehamilan untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas. Media wordwall digunakan agar remaja putri lebih memahami tentang anemia dan dapat meningkatkan pengetahuan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SMPN 40 Batam, dengan populasi siswi SMPN 40 Batam dan sampel sebanyak 64 orang. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan True Eksperimen Pretest-Posttest kepada 2 kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing 32 orang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji fisher didapatkan hasil thitung = 3,203 > ttabel = 2,309. Penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan adanya peningkatan pengetahuan bagi remaja yang di berikan media wordwall dan yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa media wordwall sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswi di SMPN 40 Batam.

References

Amaliya, N. Z., Husaini, A. and Mirsiyanto, E. (2022) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di SMPN 22 Kota Jambi Tahun 2022’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 4(2), pp. 1–8.

Cunningham, K. et al. (2020) ‘Adolescent girls’ nutritional status and knowledge, beliefs, practices, and access to services: An assessment to guide intervention design in nepal’, Current Developments in Nutrition, 4(7), pp. 1–11. doi: 10.1093/cdn/nzaa094.

Farinendya, A., Muniroh, L. and Buanasita, A. (2019) ‘Hubungan Tingkat Kecukupan Zat Gizi dan Siklus Menstruasi dengan Anemia pada Remaja Putri’, Amerta Nutrition, 3(4), p. 298. doi: 10.20473/amnt.v3i4.2019.298-304.

Fernandez-Jimenez, M. C. et al. (2020) ‘Iron Deficiency in Menstruating Adult Women: Much More than Anemia’, Women’s Health Reports, 1(1), pp. 26–35. doi: 10.1089/whr.2019.0011.

Indrawatiningsih, Y. et al. (2021) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Anemia pada Remaja Putri’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), p. 331. doi: 10.33087/jiubj.v21i1.1116.

Nisman, W. A. et al. (2024) ‘Pengaruh Edukasi dengan Video Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Kecemasan dalam Pencegahan Covid-19’, Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal), 8(1), p. 27. doi: 10.22146/jkkk.93849.

Pamungkas, D. A. et al. (2023) ‘Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS oleh’, JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Universitas Negeri Surabaya, 10(01), pp. 67–78. Available at: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199.

Pradani, T. G. (2022) ‘Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar’, Educenter?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), pp. 452–457. doi: 10.55904/educenter.v1i5.162.

Setyaningrum, Y. I., Wulandari, I. and Purwanza, S. W. (2023) ‘Literatur Review Penyebab dan Upaya Pencegahan Anemia pada Remaja Putri’, Journal of Noncommunicable Diseases, 3(2), p. 84. doi: 10.52365/jond.v3i2.858.

Umriaty and Astuti, P. T. (2023) ‘3 6 5 1 ’, 3(9), pp. 7733–7740.

Waliulu, S. H., Ibrahim, D. and Umasugi, M. T. (2018) ‘Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Upaya Pencegahan Stunting Anak Usia Balita’, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 9(4), pp. 269–272.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Julianawati, T. ., Husnah, R. ., Maulani, R. G. ., & Arnanda, F. . (2024). EFEKTIVITAS WORDWALL TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15692–15695. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36795