KURIKULUM BAHASA ARAB: PENDEKATAN BERBASIS KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA SISWA

Authors

  • Rahmadon Rahmadon UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mikyal Oktarina Universitas Serambi Mekkah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36777

Keywords:

Kurikulum Bahasa Arab, Kompetensi, Keterampilan, Siswa

Abstract

Problematika dalam implementasi kurikulum Bahasa Arab berbasis kompetensi terletak pada beberapa aspek, seperti keterbatasan sumber daya pendukung dan variasi pemahaman guru terhadap pendekatan ini. Banyak sekolah mengalami kendala dalam menyediakan materi ajar yang aplikatif dan berkualitas, serta fasilitas yang memadai untuk pembelajaran aktif. Penelitian ini menggunakan metode library research, yang berfokus pada pengumpulan data dan informasi dari berbagai literatur yang relevan untuk menganalisis efektivitas kurikulum Bahasa Arab berbasis kompetensi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Efektivitas pendekatan berbasis kompetensi dalam kurikulum Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa adalah bahwa pendekatan berbasis kompetensi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa, terutama dalam berbicara dan menulis, dengan metode yang lebih aplikatif dan berbasis praktik nyata, yang membuat siswa lebih aktif dan terlibat. 2). Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum Bahasa Arab berbasis kompetensi dalam pembelajaran adalah bahwa faktor pendukung utama mencakup pelatihan guru dan sumber daya yang memadai, sedangkan kendala utama adalah keterbatasan fasilitas dan waktu, serta pemahaman guru yang bervariasi tentang pendekatan ini. 2). Dampak kurikulum berbasis kompetensi terhadap keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan dalam Bahasa Arab adalah bahwa kurikulum berbasis kompetensi memberikan dampak positif pada keterampilan berbicara dan mendengarkan siswa, sementara keterampilan menulis dan membaca juga meningkat, meski membutuhkan waktu dan dukungan lebih agar optimal.

References

Abdilah, A. (2023). Guru Bahasa Arab Profesional Dalam Perspektif Ontologi. Ukazh Journal of Arabic Studies, 4(2), 163-169. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i2.705

Ali, N., Abdullah, M., & Rahman, A. (2020). Penilaian Keberkesanan Modul Pembelajaran Kendiri Strategi Pemahaman Membaca Teks Bahasa Arab (MPK SPMBA) Untuk Pelajar Pengajian Islam di Institusi Pengajian Tinggi. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 21(1), 20-37. https://doi.org/10.37231/jimk.2020.21.1.437

Annisa, M. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Eloquence Journal of Foreign Language, 2(2), 313-328. https://doi.org/10.58194/eloquence.v2i2.861

Aswandi, A., & Wahab, W. (2023). Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI di SMP IT Bustanul Qur’an Kabupaten Melawi. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 166-173. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.313

Durtam, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema pada Anak Usia Dini. Awlady Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 98. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9773

Efendi, R. (2020). Implementasi Authentic Assessment pada Pendidikan Vokasi Teknik Informatika. Dharmas Education Journal (De_Journal), 1(2), 232-240. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.147

Hamzah, M., Mujiwati, Y., Khamdi, I., Usman, M., & Abidin, M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Huda, N. (2023). Pentingnya Bahasa Arab dalam Pendidikan Diplomasi dan Hubungan Internasional. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1242-1252. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2335

Imamuddin, I., Nuraidah, N., Huda, M., & Daroini, S. (2021). Analisis Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di MTs Surya Buana Kota Malang. Shaut Al Arabiyyah, 9(1), 69. https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.20740

Jailani, M. (2023). Penyelarasan Dan Penyebaran Pelajaran Bahasa Arab Universal di Lembaga Pendidikan Formal dan Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Edutrained Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(2), 145-161. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i2.248

Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151-167. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115

Lathifah, F., Syihabuddin, S., & Farisi, M. (2017). Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab. Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2). https://doi.org/10.15408/a.v4i2.6273

Masturoh, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kalamuna Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 207-232. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07

Munir, H. (2023). Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab di SMP IT Jaisyul Qur’an Bandung. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.196

Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1). https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Ngarifah, I., & Fitriani, L. (2022). Optimalisasi Metode Eklektik Dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Fitrah Pare. Tarling Journal of Language Education, 6(2), 227-242. https://doi.org/10.24090/tarling.v6i2.7076

Nuha, M., & Faedurrohman, F. (2022). Manajemen Perencanaan Kurikulum Bahasa Arab (Tinjauan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi). Al-Muyassar Journal of Arabic Education, 1(2), 203. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6488

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307-316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775

Perwira, A. (2023). Telaah Kurikulum Bahasa Arab di MA Al-Hidayah Depok. Jurnal Kajian Islam Modern, 10(01), 28-33. https://doi.org/10.56406/jkim.v10i01.320

Rahmawati, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Project Based Learning terhadap Kompetensi Peserta Didik pada Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasia, 4(1), 293-300. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.260

Rasyid, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di MTS. Ukazh Journal of Arabic Studies, 4(1), 32-38. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.704

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kota Padang. Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1). https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Silvester, S. (2023). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 166-174. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8281

Supriadi. (2023). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Kurikulum 2013 Revisi kepada Mahasiswa/i Semester VII STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Abdimas Maduma, 2(2), 80-87. https://doi.org/10.52622/jam.v2i2.208

Sutrisno, A. (2023). Desain Pedagogis Pembelajaran Project Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Seni STEAM. Jurnal PELITA, 3(2), 130-143.

Taubah, M. (2019). Maharah Dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab, 10(1), 31-38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765

Utami, R. (2020). Desain Kurikulum Bahasa Arab di Indonesia. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 108. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i1.6235

Wachdah, R. (2020). Evaluasi Buku Ajar Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Al-Ma’rifah, 17(1), 41-47.

Wekke, I., & Astuti, R. (2017). Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah: Implementasi di Wilayah Minoritas Muslim. Tadris Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 33. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1736

Widiaty, I. (2017). Relevansi Kurikulum SMK Berbasis Industri Kreatif dengan Metode Extrapolation and the Econometric Approach. Innovation of Vocational Technology Education, 9(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i1.4882

Widyastuti, R., Rindrayani, S., & Hairunisya, N. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Berbasis Proyek dan Bermuatan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berpikir Kritis. Edusaintek Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 9(2), 419-442. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.521

Yulian, R. (2023). Pelatihan Pengembangan Flipped Classroom Berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS) dan Kurikulum Merdeka bagi MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1647-1657. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1085

Yusuf, M. (2020). Kompetensi Interkultural Pengajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Pada Jenjang Madrasah Aliyah. Al Mah?ra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 77-98. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.05

Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Tarling Journal of Language Education, 2(2), 231-248. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2926

Zakaria, N., ‘Azmi, N., & Baharuddin, H. (2019). Kemahiran Komunikasi Bukan Lisan: Satu Kajian Terhadap Guru Pelatih Bukan Opsyen Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Attarbawiy Malaysian Online Journal of Education, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.53840/attarbawiy.v3i2.29

Zayuda, D. (2023). Eksistensi Mah?rah Al-Kit?bah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 164-180. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.117

Zulfahmi. (2023). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab (Mind Mapping) untuk Siswa Kelas VII MTs. Ali-Imron Bandar Selamat. Journal of Education Research, 4(3), 1280-1289.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Rahmadon, R., & Oktarina, M. . (2024). KURIKULUM BAHASA ARAB: PENDEKATAN BERBASIS KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15543–15550. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36777