MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Authors

  • Tabrani Tabrani Institut Agama Islam SMQ Bangko
  • Ahmad Afendi INISMA Muaro Jambi
  • Baitullah Baitullah Universitas Merangin
  • Zamzami Zamzami Institut Agama Islam SMQ Bangko
  • Maspan Maspan Institut Agama Islam SMQ Bangko

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35868

Keywords:

Belajar, Interaksi, Model Pembelajaran

Abstract

Secara etimologi belajar berarti berusaha mengetahui sesuatu, berusaha memperoleh ilmu pengetahuan kepandaian dan keterampilan. Dalam praktiknya, belajar tidak hanya aktifitas tunggal yang melibatkan satu atau sekelompok orang yang sedang mencari ilmu saja, namun belajar adalah objek pendidikan atau lebih teknis-nya disebut sebagai peserta didik. Akan tetapi manusia juga dapat menempati posisi sebagai subjek pendidikan, yang disebut dengan pendidik. Oleh sebab itu, belajar dari segi proses meniscayakan adanya interkasi antara peserta didik dan pendidik, interaksi inilah yang disebut dengan pembelajaran yang memerlukan adanya sebuah cara dalam melaksanakan proses pembelajaran. Namun kata cara itu merupakan padanan dari bahasa Indonesia untuk kata metode, yang mana peristilahan itu perlu diketahui menurut pengertian ilmu pendidikan itu sendiri. Maka dalam dunia pendidikan memperkenalkan ada nya istilah “model” dan “model pembelajaran” sebagai penguat metode dalam aktivitas belajar, dengan harapan, bisa memberi tujuan yang jelas tentang apa yang akan dicapai, termasuk didalamnya apa dan bagaimana siswa belajar dengan baik serta cara memecahkan suatu masalah pembelajaran.

References

Briggs, Lisslie, Instructional Design, New Jersey: Ed.Techn Pub, 1978

Chesler, Mark, and Robert Fox, Role Playing Methods in the Classroom, Chicago, Science Research Associates, Inc. 1966

Duch, B.J., S.E. Groh, & D.E. Allen (Eds.), The Power of Problem-Based Learning, Sterling, VA: Stylus, 2001

Gredler, Margareth E., Learning and Instruction : Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana, 2011

Guskey, Thomas R., Formative Classroom Assessment and Benjamin S. Bloom: Theory, Research, and Implications, Paper presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association, Montreal, Canada, April 2005

Hein, George E., Constructivist Learning Theory, A Paper on International Committee of Museum Educators Conference, Jerusalem Israel, 15-22 October 1991

Heinich, Robert et al, Instructional Media and Technology for Learning, New Jersey : Prentice Hall, 1999

Joyce, Bruce and Marsha Weil, Model of Teaching (Fifth Edition), New Delhi: Prentice Hall of India, 200

Lindgren, Henry Clay, Educational Psychology in the Classroom, Toronto: John Wiley & Sons, Inc., 1976)

Michalski, Ryszard S., J. Carbonell and T. Mitchell, (editor), Machine Learning: An Artificial Intelligence Approach, Palo Alto California, Tioga Publishing Co., 1983

Nurdin, Syafruddin, dan Adriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, (edisi kedua), Depok: Rajawali Press, 2019

Pathak, V.K., Advance Organizer Model, (Modul Perkuliahan), Course code:EDU 202, DAV University Jalandhar, India, 2014

Sears, Susan, Introduction to Contextual Teaching and Learning, Indiana: Phi Delta Kappa Educational Foundation Bloomington, 2003

Slavin. Robert E., Educational Psychology: Theory and Practice. New Jersey: Pearson Education, 2000

The National Science Education Standards Team, Assesment in Science Education, North Carolina University, Chicago, 1996

Uno, Hamzah B, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

White, H.B., Getting Started in Problem-Based Learning, in B.J. Duch, S.E. Groh, & D.E. Allen (Eds.), The power of Problem-Based Learning, Sterling, VA: Stylus, 2001

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Tabrani, T., Afendi , A. ., Baitullah, B., Zamzami, Z., & Maspan, M. (2024). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14713–14720. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35868