MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35868Keywords:
Belajar, Interaksi, Model PembelajaranAbstract
Secara etimologi belajar berarti berusaha mengetahui sesuatu, berusaha memperoleh ilmu pengetahuan kepandaian dan keterampilan. Dalam praktiknya, belajar tidak hanya aktifitas tunggal yang melibatkan satu atau sekelompok orang yang sedang mencari ilmu saja, namun belajar adalah objek pendidikan atau lebih teknis-nya disebut sebagai peserta didik. Akan tetapi manusia juga dapat menempati posisi sebagai subjek pendidikan, yang disebut dengan pendidik. Oleh sebab itu, belajar dari segi proses meniscayakan adanya interkasi antara peserta didik dan pendidik, interaksi inilah yang disebut dengan pembelajaran yang memerlukan adanya sebuah cara dalam melaksanakan proses pembelajaran. Namun kata cara itu merupakan padanan dari bahasa Indonesia untuk kata metode, yang mana peristilahan itu perlu diketahui menurut pengertian ilmu pendidikan itu sendiri. Maka dalam dunia pendidikan memperkenalkan ada nya istilah “model” dan “model pembelajaran” sebagai penguat metode dalam aktivitas belajar, dengan harapan, bisa memberi tujuan yang jelas tentang apa yang akan dicapai, termasuk didalamnya apa dan bagaimana siswa belajar dengan baik serta cara memecahkan suatu masalah pembelajaran.References
Briggs, Lisslie, Instructional Design, New Jersey: Ed.Techn Pub, 1978
Chesler, Mark, and Robert Fox, Role Playing Methods in the Classroom, Chicago, Science Research Associates, Inc. 1966
Duch, B.J., S.E. Groh, & D.E. Allen (Eds.), The Power of Problem-Based Learning, Sterling, VA: Stylus, 2001
Gredler, Margareth E., Learning and Instruction : Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana, 2011
Guskey, Thomas R., Formative Classroom Assessment and Benjamin S. Bloom: Theory, Research, and Implications, Paper presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association, Montreal, Canada, April 2005
Hein, George E., Constructivist Learning Theory, A Paper on International Committee of Museum Educators Conference, Jerusalem Israel, 15-22 October 1991
Heinich, Robert et al, Instructional Media and Technology for Learning, New Jersey : Prentice Hall, 1999
Joyce, Bruce and Marsha Weil, Model of Teaching (Fifth Edition), New Delhi: Prentice Hall of India, 200
Lindgren, Henry Clay, Educational Psychology in the Classroom, Toronto: John Wiley & Sons, Inc., 1976)
Michalski, Ryszard S., J. Carbonell and T. Mitchell, (editor), Machine Learning: An Artificial Intelligence Approach, Palo Alto California, Tioga Publishing Co., 1983
Nurdin, Syafruddin, dan Adriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, (edisi kedua), Depok: Rajawali Press, 2019
Pathak, V.K., Advance Organizer Model, (Modul Perkuliahan), Course code:EDU 202, DAV University Jalandhar, India, 2014
Sears, Susan, Introduction to Contextual Teaching and Learning, Indiana: Phi Delta Kappa Educational Foundation Bloomington, 2003
Slavin. Robert E., Educational Psychology: Theory and Practice. New Jersey: Pearson Education, 2000
The National Science Education Standards Team, Assesment in Science Education, North Carolina University, Chicago, 1996
Uno, Hamzah B, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
White, H.B., Getting Started in Problem-Based Learning, in B.J. Duch, S.E. Groh, & D.E. Allen (Eds.), The power of Problem-Based Learning, Sterling, VA: Stylus, 2001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tabrani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.