EKSISTENSI PEREMPUAN STUDI PERAN MINDSET PENGASUH PESANTREN SUPERCAMP LA RAIBA HANIFIDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35696Keywords:
Eksistensi Perempuan, Pola Pikir Guru Pondok PesantrenAbstract
Eksistensi perempuan dalam pola pikir pengasuh di Pondok Pesantren La Raiba Hanifida SuperCamp menekankan pada pepatah “ibu adalah madrasah pertama” sehingga pola pikir tersebut digaungkan untuk menumbuhkan dan menghasilkan serta menjadikan perempuan yang mandiri, perempuan yang berdaya, perempuan yang mampu memimpin dan juga memiliki peran penting dalam menciptakan perubahan yang positif untuk mengejar cita-citanya dan meraih cita-citanya menjadi perempuan yang menciptakan peradaban baru. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada 3 aspek, yaitu; Bagaimana eksistensi perempuan dalam pola pikir pengasuh, bagaimana penerapan pola pikir pengasuh terhadap eksistensi perempuan, apa saja faktor penghambat dan pendukung eksistensi perempuan dalam peran pola pikir pengasuh di Pondok Pesantren Putri La Raiba SuperCamp Hanifida. Penerapan caregiver mindset di Peasantren SuperCamp La Raiba Hanifida terdiri dari 3 kegiatan akhir, yang pertama adalah getaran singgasana, kedua afirmasi positif berupa yel-yel dan jargon “saya anak terbaik, orang tua saya orang tua terbaik, guru saya guru terbaik, sekolah saya sekolah terbaik”. Ketiga, pelatihan nasional dan internasional berupa pelatihan Asmaul Husna dan Al-Quran dengan metode Hanifida. Kendala yang muncul adalah kurangnya kesadaran diri dari para santri akan pentingnya eksistensi perempuan di pesantren dan di masyarakat umum.References
Arie Insany dan Babang Robandi, “Pemikiran Kritis Filsuf Kierkegaard Tentang Manusia Eksistensialis dan Pendidikan,” Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 22 No. 3, 2023.
Armaidy Armawi, “Eksistensi Manusia Dalam Filsafat Soren Kierkegaard,” Jurnal Filsafat, Vol. 21 No. 1, 2011.
Ayu Yuningsih, “Degradasi Marginalisasi Perempuan Melalui Transformasi Peradaban,” Jurnal Sosial dan Pembangunan, Vol. XX No. 3, 2004.
Bhader Johan Nasution, Metode Penelitian Ilmu Pendidikan, Bandung: Mandar Maju, 2008.
Cahya Suryana, Data dan Jenis Data, Jakarta: Renika Cipa, 2010.
Darlis, A., Lubis, Y., Hasibuan, A., Alamsyah, M., & Ramadhan, W. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Harum Sentosa Perbaungan Perbaungan. Journal on Education, 5(3), 6912-6919. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1474
Dr. Haifaa A. Jawad, The Right of Women in Islam: An Authentic Approach, New York: Great Britain, 1998.
Eko Sugianto, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Suaka Media, 2015.
Fatmi Sutiwi, “Perempuan dan Gerakan Pemberdayaan Sebuah Dinamika,” Jurnal Ilmu dan Kemanusiaan (Edisi Muktamar Muhammadiyah Ke-45), 3-8 Juli 2005.
Fika Wahyu Rohmiyati, “Peran Kepala Sekolah dalam Pembentukan Mindset (Studi Analisis,” Jurnal Ilmiah Pesantren, Vol. 5 No. 2 2019.
Huberman A. Mikel dan Miles M.B, Qualitative Data Analisis, Beverly Hills: Sage Publication, 1992.
Julia Clevess Mosse, An Introduction to Gender and Development “terj” Hartian Silawati Gender dan Pembangunan, Cetakan IV, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1993.
Kierkegaard Soren Aabye dan Johannes De Silentio, Fear and Trembling, Princeton: Princeton University Press, 1983.
Lailatuzz Zuhriyah, “Perempuan, Pendidikan dan Arsitek Peradaban Bangsa,” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, Vol. 2 No. 2, 2018.
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Remaja Rosdakrya, 2009.
Lubis, Y., & Ritonga, A. (2023). Mobilization School Program: Implementation of Islamic Religious Education Teacher Preparation in Elementary Schools. Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.632
Lubis. Y. W. (2024). Pembentukan Karakter Unggul: Analisis Optimalisasi Pendidikan Melalui Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Di MAN 2 Deli Serdang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 274-282. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.554
M. Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007.
M. Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’I atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1996.
Mardan, Simbol Perempuan Dalam Kisah Al-Qur’an (Suatu Kajian Semiotika dan Teknik Analisis al-Tafsir al- Maudu’i), Makassar: Alauddin Press University Makassar, 2014.
Muhammad Yusuf Abdullah, Qadaya’ Al-Mar’ah fi Suriah alNisa’, Kuwait: Daral Dakwah, 1985.
Prasetia Maudita P.T dan Naufal Alifuddin Rahman, “Makalah Filsafat Pendidikan Islam Hakekat Eksistensialisme,” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, 2020.
Prasetya Irawan, Logika dan Prosedur Penelitian: Pengantar Teori dan Panduan Praktis Penelitian Sosisal Bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula, Jakarta: STAIN, 1999.
Qurrotul Ainiyah, “Urgensi Pendidikan Perempuan Dalam Menghadapi Masyarakat Modern,” Halaqa: Islamic Education Journal, Vol.1 No.2 2017.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Sanapiah Faisal, Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar Danaplikasi, Malang: YA3, 1990.
Siti Mukarromah, “Perempuan Dalam Peradaban Ditinjau Dari Perspektif Filsafat Rohana Kuddus,” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Vol. 6 No. 3 2021.
Suharsim Arikunto, Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek, Jakarta: Renika Cipa, 2002.
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Zuha El Widad, “Upaya Meningkatkan Self Efficacy Melalui Afirmasi Positif: Studi Kasus Madrasah Aliyah al-Qur’an La Raiba Hanifida Jombang” Universitas Hasyim Asy’ari, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Conia Nur Asmaul Khusnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.